Rabu, 01 Mar 2017 14:17 WIB

Bantu Bayi Naura Pengidap Atresia Bilier untuk Jalani Transplantasi Hati

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Reza/detikHealth Foto: Reza/detikHealth
Jakarta - Naura Aulia Putri Wibowo masih berusia 11 bulan, namun perutnya tampak besar dan badannya terlihat kurus. Agar bisa sehat, Naura membutuhkan transplantasi hati.

Ibunda Naura, Fitriyanti Irawati mengatakan Naura merupakan pasien atresia bilier dan gizi buruk. Hal itulah yang membuat perutnya nampak besar, badannya kurus dan kecil tidak seperti bayi lain seusianya.

Wanita yang akrab disapan Fitri ini mengatakan biaya yang dibutuhkan untuk operasi transplantasi Naura kurang lebih Rp 1,2 miliar. Cukup besar memang, karena untuk biaya skrining donor hati pun terbilang mahal. Fitri pun menjadi calon donor pertama yang diperiksa hatinya untuk Naura.

"Hasil skriningnya sudah keluar. Kesimpulannya saya ada perlemakan hati grade 2. Sementara untuk donor maksimal perlemakan grade 1. Jadi saya harus berobat dulu biar gradenya turun," tutur Fitri kepada detikHealth, baru-baru ini.

Biaya operasi transplantasi hati memang ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Meski begitu, biaya skrining yang mencapai Rp 40 juta per orang tidak ditanggung oleh BPJS.

Guna meringankan biaya perawatan Naura, detikcom mengajak para pembaca untuk membantu melalui kitabisa.com. Selain untuk keperluan transplantasi hati, dana yang terkumpul juga digunakan untuk pembelian susu khusus dan keperluan lain yang tidak di-cover BPJS.

Pengumpulan donasi pun resmi ditutup hari ini setelah dibuka kurang-lebih 2 bulan. Donasi yang terkumpul akan segera diberikan ke keluarga Naura untuk membiayai pengobatan.

Detik.com pun mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang sudah berkenan memberikan donasi. Saat ditutup Rabu (1/3/2017), dana yang terkumpul mencapai 239.283.149 dari 1.258 donatur.

Semoga cepat sembuh ya Naura.

(mrs/vit)