Sabtu, 04 Mar 2017 06:53 WIB

Kata Dokter Soal Mencabut Gigi Memakai Benang

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Gigi goyang tanda akan tanggal. Pada beberapa orang, penggunaan benang pun bisa dilakukan untuk sebagai cara mencopot gigi yang sudah goyang tersebut. Apa kata dokter soal cara ini?

drg Felicia Melati SpKGA mengatakan, gigi sebenarnya akan goyang secara alami saat memasuki masa tanggalnya. Hal tersebut terjadi karena akar gigi sudah berukuran pendek.

"Sebenarnya gigi secara alami bisa copot sendiri. Kenapa harus pakai benang," kata wanita yang akrab disapa drg Mela ini di sela-sela temu media Bamed Dental Care di Thamnak Thai Resto, Menteng, Jakarta Pusat baru-baru ini.

"Tapi masih ada juga yang akarnya masih panjang tapi sudah goyang. Nah, mungkin itu karena ada infeksi dan kalau pakai benang bisa tambah infeksi juga," sambung dr Mela.

Baca juga: Pria Ini Cabut Gigi Susu Putranya dengan Bantuan Helikopter Mainan

Beberapa waktu lalu Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD mengatakan jika gigi yang goyah tersebut masih sangat tertanam dalam gusi atau masih ada akarnya, maka cara mencabut gigi dengan menariknya menggunakan tangan ataupun seutas tali tentu tidak bisa membantu.

"Kalau masih ada akar, mungkin setelah dicabut seperti itu akan kesakitan, mungkin juga terjadi perdarahan yang banyak. Mungkin pula terjadi infeksi jika benang yang dipakai kotor," kata Prof Heriandi.

Baca juga: Kisah Nirina Zubir Cabut 4 Gigi Sekaligus Demi Jadi Model Iklan

(rdn/vit)
News Feed