Rabu, 15 Mar 2017 12:03 WIB

Ini yang Terjadi Jika Nekat Tidak Gosok Gigi Selama Setahun

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Gosok gigi mungkin sekilas tampak seperti kegiatan yang sangat sepele. Nah, jika dibaikan bahkan tak dilakukan selama setahun, kira-kira apa yang akan terjadi?

drg Matthew Messina dari American Dental Association menjelaskan jika ada orang yang nekat tidak menggosok giginya selama setahun, maka bisa mengalami kerusakan gigi dan atau penyakit periodontal. Keduanya bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan gigi jadi lebih mudah tanggal. Demikian dikutip dari USA Today.

Yang perlu dipahami juga, sakit gigi harus benar-benar diperhatikan dan ditangani. Sebab bakteri penyebab gigi rusak bisa masuk ke aliran pembuluh darah dan turut mempengaruhi kekebalan tubuh sehingga malah bisa memicu munculnya penyakit lain.

Sebelum tidur adalah waktu yang baik untuk menyikat gigi. Jika ini diabaikan, artinya yang bersangkutan memberi hadiah kepada bakteri di dalam mulut untuk berpesta-pora. Nah, bakteri-bakteri yang tinggal dalam gigi akan menggerogoti gigi selama semalaman. Itulah yang lama-lama akan memicu gangguan gusi, apalagi jika setiap hari selama setahun bakteri-bakteri itu terus 'berpesta'.

Baca juga: Tampaknya Sehat, Tapi 4 Hal Ini Bikin Sikat Gigi Jadi Sarang Kuman

Selain itu sisa makanan semalam kemudian akan bercampur dengan sisa sarapan keesokan harinya. Ini akan berkontribusi pada munculnya bau mulut yang tidak sedap. Partikel makanan yang terjebak di sela gigi bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dan menyebabkan peradangan yang membuat bau mulut. Jika sudah begini, permen ataupun mint tidak sanggup menghilangkan bau mulut.

Selain itu jangan merasa aman jika sudah berkumur dengan mouth wash untuk menggantikan menyikat gigi. Prof Dr drg Melanie Sadono Djamil, MBiomed beberapa waktu lalu menegaskan kumur-kumur tidak bisa melepas ikatan sisa makanan pada permukaan gigi ataupun pada mukosa rongga mulut.

Mengabaikan sikat gigi, bahkan sampai setahun lamanya bisa membuat gigi tertutup karang gigi. Jika karang gigi sudah masuk di sela antara gigi, maka gigi-gigi itu bisa menjadi goyang.

Beberapa waktu lalu, drg Irayani Queencyputri dari Hendra Hidayat Dental Center pernah menceritakan pengalaman bertemu pasien yang giginya berselimut karang gigi. Warna giginya bercampur antara putih, kuning dan hijau. Gara-gara itu mulutnya jadi bau. Pasien itu mengaku tidak pernah membersihkan karang gigi dan menggosok gigi sesekali saja.

drg Matthew Messina menambahkan seseorang mungkin bisa saja tidak menyikat giginya selama setahun dan tidak memiliki masalah dengan gusi dan giginya. Namun ingat, tidak semua orang seberuntung itu. Karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Dr drg Yosi Kusuma Eriwati, MSi, menganjurkan menggosok gigi saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Selain itu gantilah sikat gigi bila sudah usang atau setidaknya tiap empat bulan sekali.

Baca juga: Hii! Gigi Bisa Berwarna Kuning Kehijauan karena Tertutup Karang Gigi (vit/up)