Kamis, 30 Mar 2017 10:37 WIB

Argentina Legalisasi Penggunaan Minyak Ganja untuk Pengobatan

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Penggunaan minyak ganja sebagai bentuk pengobatan klinis kembali menarik perhatian. Hal ini terjadi setelah legislatif di Argentina menyetujui peraturan yang melegalkan penggunaan minyak ganja.

Peraturan ini membolehkan minyak ganja digunakan dalam pengobatan medis untuk penyakit saraf seperti epilepsi. Selain itu, peraturan ini juga membolehkan kultivasi tanaman ganja sebagai bahan penelitian.

"30 Persen pasien epilepsi tidak merespon pengobatan standar. Anak saya sudah 24 tahun menjadi pasien epilepsi dan penggunaan minyak ganja ini akan sangat bermanfaat untuknya," tutur dr Ana Maria Garcia Nicora, kepala Medical Cannabis Argentina, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Kisah Ben Oakley, Harus Minum Minyak Ganja demi Atasi Sakit Langkanya

Peraturan ini akan berlaku setelah presiden Argentina Mauricio Macri menandatanganinya. Cambiemos, partai pendukung Presiden Macri, merupakan salah satu partai yang menginisiasi peraturan legalisasi minyak ganja ini.

Beberapa demonstran yang mengawal pengesahan peraturan ini mengaku lega setelah legislatif Argentina menyetujuinya. Salah satu demonstran menyebut penggunaan minyak ganja merupakan alternatif yang baik karena rasa sakit yang dirasakan pasien tidak bisa dialihkan.

Penggunaan minyak ganja untuk keperluan medis di Amerika Selatan cukup tinggi. Chili dan Kolombia merupakan dua negara yang sudah melegalisasi penggunaan minyak ganja untuk keperluan medis lebih dulu.

Di Uruguay, penggunaan minyak ganja untuk medis sudah disahkan sejak lama. Bahkan Uruguay juga sudah melegalisasi penggunaan rokok ganja sebagai bentuk perlawanan terhadap mafia narkoba di Amerika Selatan.

Di si lain, Peru masih menunggu persetujuan kongres soal pengesahan peraturan minyak ganja untuk medis. Sementara di Brazil, obat semprot oral untuk mengobati multiple sclerosis berbahan ganja sudah dijual secara bebas.

Baca juga: Jual Salep Kulit dari Minyak Ganja, Ini Apotek Ganja Pertama di Inggris



(mrs/vit)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya