Kamis, 06 Apr 2017 10:06 WIB

Cara Sehat Minum Kopi Menurut Ahli Gizi: Tanpa Tambahan Apapun

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Kopi saat ini tengah menjadi salah satu minuman yang populer. Agar lebih nikmat, berbagai bahan tambahan seperti gula, susu, krimer dan cokelat pun sering diberikan. Hati-hati, meski rasanya lebih enak namun tambahan bahan lain justru bisa mengurangi manfaat sehatnya.

Hal tersebut disampaikan oleh nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD kepada detikHealth baru-baru ini. Menurutnya, sebaiknya memang kopi dikonsumsi tanpa campuran apapun.

"Penambahan susu, krimer, dan gula memang akan membuat rasa kopi lebih nikmat, namun dapat menurunkan efektivitas dari kandungannya," ujar Jansen.

Baca juga: Bulletproof Diet: Langsing dengan Makan Lemak Plus Minum Kopi Mentega

Dikutip dari The Daily Meal, pakar onkologi Dmitri Alden juga menuturkan bahwa kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan, namun hanya jika dikonsumsi murni tanpa campuran apapun. Ia bahkan tidak dianjurkan mencampur kopi dengan susu skim, krimer dan gula karena dapat menambah kalori dan lemak. Konsumsi kopi dengan campuran ini terlalu sering bahkan disebut-sebut dapat menimbulkan risiko penyakit lain seperti diabetes.

Meski demikian, bukan berarti lantas Anda boleh minum kopi murni banyak-banyak ya. Jansen menyebutkan walaupun kopi memang dapat bermanfaat bagi tubuh, namun apabila dikonsumsi berlebihan malah berdampak buruk bagi kesehatan. Tetap ada aturan porsi untuk konsumsi kopi agar efek positifnya maksimal.

"Saran konsumsi kafein untuk orang dewasa adalah setara 200-300 mg setiap hari atau setara dengan 2 cangkir kopi," pesan Jansen.

Baca juga: Berat Badan Bisa Turun dengan Minum Kopi Campur Mentega? Ini Kata Pakar (ajg/vit)
News Feed