Selasa, 18 Apr 2017 17:31 WIB

Hindari Dehidrasi Saat Triatlon, Ini Trik yang Dilakukan Farhan

Firdaus Anwar - detikHealth
Farhan (Foto: Firdaus Anwar)
Jakarta - Salah satu tantangan ketika mengikuti olahraga ketahanan seperti maraton atau triatlon adalah menjaga tubuh agar bisa tetap terhidrasi. Karena tingkat aktivitas fisik yang tinggi tak jarang seseorang bisa lupa hingga alami dampak buruk dari dehidrasi.

Seperti contohnya yang pernah dialami oleh seorang pelari Dekson Pranatio saat mengikuti maraton 21 kilometer di kawasan BSD City. Karena dehidrasi parah asupan nutrisi ke otaknya terhambat sehingga ia mengalami kerusakan otak.

Menanggapi isu tersebut artis dan presenter Farhan yang dalam waktu dekat akan mengikuti triatlon mengatakan punya cara untuk menghadapinya. Yaitu dengan menyiapkan bekal sekitar tiga liter air minum yang pelan-pelan dikonsumsi sebelum, sesaat, dan setelah triatlon.

"Untuk olahraga endurance ini kita memang harus menjaga hidrasi, maka siapkan air minum kira-kira dari start sampai akhir kalau untuk jarak pendek minimal tiga liter... Air putih biasa saja nggak usah pakai infused buah-buahan karena biasanya untuk orang tertentu memancing (beser -red)," kata Farhan ketika ditemui di mall fX Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017).

Baca juga: Makanan Asin Bikin Haus? Bikin Lapar Sih, Iya

Ketika akan memulai triatlon Farhan mengaku membiasakan dirinya untuk minum air sekitar 600 mililiter (ml). Setelah selesai menyelesaikan tahap pertama berenang sejauh 500 meter dirinya akan kembali minum sekitar 500 ml.

"Lanjut pada saat sepedaan si air minumnya dibawa. Di situ minum minimal 600 ml lagi selama jalan sepanjang sekitar 20 kilometer pelan-pelan," kata Farhan.

"Terus pas lari ambil air minum 350 liter minum pelan-pelan. Biasanya di kilometer ketiga udah abis dan harusnya ada water post. Minum di situ. Kalau misalnya enggak ada air minum dan badan udah lemes kerasa sakit kepala berhenti jangan dipaksain," pungkasnya.

Farhan sendiri akan mengikuti triatlon Sungai Liat 2017 di Bangka Belitung pada 22 April mendatang. Ia mengikuti triatlon tersebut sebagai brand ambassador Batugin menggalang dana kampanye #Sweat4Edu yang ditujukan pada pemberdayaan wanita dan pendidikan anak miskin.

Baca juga: 4 Mitos Populer Soal Minum Air Ini Terbantahkan

(fds/vit)