Jumat, 28 Apr 2017 17:35 WIB

Pijat Tangan untuk Redakan Nyeri Haid, Benarkah Bermanfaat?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Ada satu kebiasaan unik yang lazim dilakukan wanita ketika mengalami nyeri haid, yakni memijat area tangan antara ibu jari dan telunjuk. Pijatan di area ini diklaim dapat meredakan rasa nyeri dan begah yang dirasakan saat menstruasi.

dr Prapti Utami, M.Si, praktisi herbal medik, mengatakan pijat atau akupresur merupakan jenis terapi alternatif terpopuler kedua setelah jamu dan ramuan. Masyarakat Indonesia menurutnya memang sulit dilepaskan dari pijat dan akupresur karena sudah mengakar di budaya.

"Jadi selama nggak bermasalah, dan terasa nyaman, enak, ya tidak apa-apa. Silakan saja dipijat atau ditekan-ditekan tangannya ketika menstruasi," tutur dr Prapti, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Sebabnya Ada yang Merasa Nyeri Menstruasi dan Ada yang Tidak

Selain area antara jempol dan telunjuk, pijat di area tumit juga dipercaya dapat meredakan nyeri haid. Hal ini dikatakan oleh penulis buku dr Susan's Solutions: The Menstrual Cramps Cure.

Pertama, duduklah dengan nyaman di atas karpet atau bantal yang empuk dan tempelkan kedua telapak kaki Anda. Setelah itu gunakan kedua jempol tangan Anda untuk memijit bagian tengah tumit Anda minimal selama tiga menit.

"Teknik akupresur ini akan membantu merangsang pelepasan endorfin yang selama ini diketahui sebagai hormon kuat yang sanggup mengatasi berbagai rasa nyeri," tandas Susan.

Hanya saja dr Prapti mengingatkan bahwa pijat tersebut bukan merupakan terapi bagi nyeri haid. Jika nyeri haid sudah terasa sangat mengganggu bahkan mengurangi produktivitas, mengatasinya tentu saja tidak bisa dengan sekadar pijat di tangan.

"Kalau nyerinya sudah sampai pingsan itu yang nggak bisa. Kalau sudah begitu harus ke dokter untuk diperiksa," paparnya.

Baca juga: Ini Sebabnya Wanita Jadi Sensi dan Mudah Capek Jelang Menstruasi



(mrs/vit)
News Feed