Sabtu, 06 Mei 2017 10:07 WIB

Dua Lembar Daun Selada yang Pernah Bikin Bangga Artis Cici Panda

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Cici Panda bangga anaknya bisa makan sayur (Foto: Uyung)
Jakarta - Menanamkan kegemaran makan sayur pada anak memang tidak selalu mudah. Karenanya, artis Cici Panda begitu bangga ketika berhasil mengajari anaknya, Alika (6 tahun), makan dua lembar daun selada setiap hari.

Namun kebanggaan dan rasa percaya dirinya sebagai orang tua seketika runtuh, ketika tahu kebutuhan serat yang sesungguhnya. Dari informasi yang didapatnya, anak usia 1-6 tahun membutuhkan 16-30 gram serat setiap harinya dan tidak mungkin dicukupi hanya dengan dua lembar daun selada.

"Kadang kita merasa sudah memberikan asupan yang tepat. Tapi ternyata ada requirement tertentu untuk masuk kriteria sehat," kata pemilik nama asli Veronica Felicia Kumala tersebut, usai diskusi tentang pentingnya asupan serat untuk anak di Veranda Hotel.

Baca juga: Penelitian Ini Ungkap Kemiripan Manusia dengan Mamalia Lain Saat BAB

Cici Panda mengakui Alika juga sempat tidak suka makan sayur, yakni ketika umur 2 tahun. Ketika itu, Cici Panda harus pintar-pintar mengemas sayur ke dalam menu makan. Kadang, ia juga perlu memberikan tantangan supaya Alika mau makan sayur.

"Misalnya kalau Alika mau makan sayur, nanti dibelikan makanan," katanya.

Asupan serat dari sayur dan buah-buahan sangat penting terutama untuk menjaga sistem pencernaan. Susah BAB (Buang Air Besar) adalah salah satu dampak dari kurangnya asupan serat. Pada anak-anak, susah BAB bisa memberikan dampak yang luas mulai dari anoreksia hingga trauma.

Baca juga: Dampak Buruk Konstipasi Anak, dari Trauma BAB Hingga Anoreksia (up/vit)