Ini Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Pasien Hipertensi

ADVERTISEMENT

Ini Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Pasien Hipertensi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 12 Mei 2017 17:00 WIB
Foto: thinkstock
Jakarta - Menyiapkan makanan, baik memasak ataupun membeli, terlebih bagi pasien darah tinggi, perlu memilah-milah makanan mana yang boleh dikonsumsi dan mana yang tidak. Seperti apa ya? Simak penuturan dokter.

Menurut dr Prasna Pramita SpPD dari Mayapada Hospital Lebak Bulus, agar tekanan darah tidak meningkat, sebaiknya kurangi makanan yang asin-asin seperti garam. Selain itu, saat memilih makanan ringan, perhatikan pula kandungan potasium yang ada pada makanan tersebut, apakah banyak mengandung garam atau tidak.

Baca juga: Apakah Keturunan Bisa Mempengaruhi Risiko Hipertensi?

"Kalau kita membeli camilan di supermarket yang harus kita perhatikan pertama adalah konten isi. Coba dilihat di situ garamnya, potasiumnya berapa besar sih. Nah kalau itu besar berarti banyak mengandung garam. Cari yang potasiumnya lebih sedikit," ucap dr Mita dalam Live Chat 'Kenali dan Waspadai Hipertensi' yang digelar detikHealth dan detikForum beberapa waktu lalu.

Kemudian, lanjut dr Mita, makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang diolah dengan menggunakan bumbu penyedap seperti MSG (monosodium glutamat) yang sering ditemui pada mi instan. "Itu semua kan pasti ada MSG, pasti tinggi garamnya. Semua bahan-bahan olahan itu pasti tinggi kadar garamnya," turur dr Mita.

Tidak hanya pada makanan olahan, dr Mita menambahkan, makan ikan asin atau kebiasaan menambahkan lagi garam pada makanan yang sudah asin juga akan memicu hipertensi.

Baca juga: Mengapa Tekanan Darah Bisa Berubah-ubah?


(hrn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT