Sabtu, 13 Mei 2017 06:59 WIB

Aktor Bollywood Amitabh Bachchan Ditunjuk Jadi Duta Hepatitis

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: Facebook Amitabh Bachchan
Jakarta - Bintang film India, Amitabh Bachchan ditunjuk sebagai duta hepatitis oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Bachchan dianggap bisa menyuarakan pentingnya mewaspadai penyakit yang memicu sirosis atau pengerasan hati tersebut.

"Sebagai orang yang hidup dengan hepatitis B, saya memahami rasa sakit dan penderitaan yang disebabkan oleh hepatitis. Tak seorangpun harus menderita karena hepatitis viral," kata Bachchan dalam sebuah rilis media yang dikirim WHO-SEARO (South-East Regional Office).

Penunjukan Bachchan sebagai good will ambassador for hepatitis diharapkan bisa memperkuat upaya WHO-SEARO dalam mengurangi angka kematian dini akibat penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis ini.

Baca juga: Selain Alkohol dan Hepatitis, Ini 4 Hal Lain yang Bisa Sebabkan Siroris Hati

Di wilayah Asia Tenggara, hepatitis diperkirakan membunuh 410 ribu orang/tahun, sebagian besar di usia produktif. Hampir 90 juta orang di wilayah ini mengidap penyakit hati kronis yang memicu menurut perkiraan WHO yang dirilis baru-baru ini.

Meski mematikan, infeksi virus hepatitis, khususnya hepatitis B, bisa dicegah dengan pemberian vaksin. Penggunaan jarum steril saat menyuntik dan transfusi darah juga bisa mengurangi risiko infeksi virus hepatitis B maupun hepatitis C.

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Berenergi, Pria Ini Kena Hepatitis Akut

(up/vit)