Senin, 15 Mei 2017 11:36 WIB

Meski Hanya Sebentar, Olahraga Bisa Perbaiki Mood

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Untuk memiliki suasana hati atau mood yang cerah, tak perlu berolahraga lama-lama. Pakar mengungkap olahraga sebentar pun tetap memberi manfaat.

Linda Pescatello dari Universiy of Connecticut mengatakan penelitian sebelumnya sudah membuktikan bahwa terlalu lama duduk dan diam membuat suasana hati menjadi jelek. Oleh karena itu, bergerak dan olahraga, meski sebentar, dapat berakibat baik bagi suasana hati.

Hasil penelitian pada 419 partisipan menyebut berjalan kaki selama 15-20 menit saja sudah dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan mengurangi perasaan depresi. Efek paling besar terlihat pada mereka yang setiap harinya lebih banyak duduk saat bekerja.

Baca juga: Ini Sebabnya Wanita Jadi Sensi dan Mudah Capek Jelang Menstruasi

Di sisi lain, olahraga tingkat sedang seperti jogging dan bersepeda diketahui memiliki manfaat berlipat. Selain membuat suasana hati menjadi cerah, jogging dan bersepeda selama 20-30 menit membuat rasa nyeri yang dirasakan berkurang.

Untuk olahraga tingkat berat, peneliti menyebut hasilnya netral. Dalam artian, suasana hati memang membaik, namun pada orang-orang yang sebelumnya sudah rajin berolahraga. Mereka yang sebelumnya tidak pernah olahraga tidak mengalami kenaikan suasana hati yang signifikan.

"Hal ini berkaitan dengan target Anda. 'Lebih banyak lebih baik' tidak berlaku bagi mereka yang tidak terbiasa olahraga," papar Pescatello, dikutip dari EurekAlert!.

Gregory Panza, peneliti lainnya dari University of Connecticut, menyebut hasil penelitian ini bisa menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang sebelumnya takut berolahraga karena menyita waktu.

"Pesannya adalah Anda tak perlu pergi ke gym dan memaksa diri berkeringat untuk bisa mendapatkan manfaat olahraga bagi suasana hati," tuturnya.

Baca juga: Lawan Stres, 5 Asupan Ini Baik untuk Kesehatan Mental (mrs/vit)