Kamis, 18 Mei 2017 19:36 WIB

Istri Tampil Bersih dan Sehat Bantu Jaga Keharmonisan Rumah Tangga

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Menjaga kebersihan dan kesehatan diri penting dilakukan. Pada wanita, kebersihan dan kesehatan yang terjaga tak hanya berdampak positif bagi penampilannya, tapi juga pada keharmonisan rumah tangganya.

Diungkapkan Psikolog Klinis Dewasa dari Tiga Generasi, Tiara Puspita M.Psi., Psikolog atau akrab disapa Tita, dengan menjaga kebersihan, otomatis kesehatan pun akan terjaga. Nah, dengan merasa bersih, wanita akan merasa cenderung lebih nyaman saat beraktivitas.

"Saat merasa tubuh kita bersih, kita lakukan aktivitas dengan mood yang lebih baik dan termotivasi untuk beraktivitas. Nah, tubuh yang sehat dan bersih juga berpengaruh pada kepercayaan diri. Saat kepercayaan diri wanita menurun, ini tidak hanya terkait aktivitasnya aja tapi juga dengan orang di sekitar, khususnya suami," tutur Tita.

Baca juga: Saat Kanker Serviks Ditandai dengan Keputihan Tak Berbau

"Jadi saat kita merasa nyaman, bersih, mood kita baik, kita lebih senang, hubungan dengan suami juga lebih enak. Kalau kita nggak merasa nyaman, merasanya berinteraksi sama suami entar aja deh dulu," tambah Tita dalam peluncuran Lactacyd Herbal Pesona Area V di Lucy in The Sky, SCBD, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Untuk itu, Tita menyarankan agar para istri membangun kebiasaan untuk menjaga kebersihan yang erat kaitannya dengan kesehatan. Ia tak menampik, kadang wanita, terlebih dengan peran sebagai ibu juga istri, lupa apa 'ritual' yang bisa dilakukan.

Agar lebih ingat dan bisa dijadikan rutinitas dalam keseharian, bisa dibuat jadwal. Kemudian, taruh produk dan alat yang digunakan di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau.

"Dengan diri yang bersih dan sehat, kita tidak takut merefleksikan diri kita. Kemudian, kita mampu mengungkapkan apa potensi kita, dan dalam aktivitas kita lebih berani mencoba hal-hal baru," pungkas Tita.

Baca juga: Siapa Sangka, Kondisi Pencernaan Bisa Pengaruhi Gairah Seks Wanita

(rdn/ajg)
News Feed