Minggu, 21 Mei 2017 19:10 WIB

Faktor Pendukung yang Bikin Waktu Pemakaian Behel Lebih Singkat

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Umumnya pemakaian behel memakan waktu hingga bertahun-tahun meski bukan tak mungkin behel dipakai dalam waktu lebih singkat. Nah, ada beberapa faktor pendukung yang membuat waktu pemakaian behel lebih singkat.

Menurut drg Ahmad Syaukani, SpOrt pada dasarnya waktu minimal penggunaan behel memakan waktu hingga dua tahun. Tapi, hal itu bisa didapat dengan adanya dukungan beberapa faktor lain.

"Faktornya seperti teratur kontrol sebulan sekali. Harus sebulan sekali karena ada namanya recovery jaringan yang membutuhkan waktu tiga sampai empat minggu," ucap dokter yang juga ketua PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Cabang Jakarta Pusat ini.

Baca juga: Kenapa Sakit Gigi Bisa Jadi Mematikan?

Selanjutnya, rajin mengikuti instruksi dari dokter. Misalnya seperti diminta untuk mengunyah makanan menggunakan kedua bagian (kanan dan kiri) gigi.

"Pasien biasanya mengunyah satu sisi aja. Padahal semakin banyak gigi bekerja (mengunyah) semakin cepat juga gigi berproses bergerak," sambung dokter yang praktik di Ciputra Medical Center (CMC) ini kepada detikHealth, di sela-sela temu media '3M Dental Expo' di Locanda Food Voyager, Panin Center Building, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

drg Kani melanjutkan, terkait faktor usia, pemakaian behel sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Sebab pada masa tumbuh kembang, gigi lebih mudah dan cepat diatur.

Lantas, apakah orang lanjut usia tidak disarankan menggunakan behel? "Nggak ada batasan umur, orang tua yang memiliki jaringan tulang yang masih baik pun boleh (pakai behel)," pungkas drg Kani.

Baca juga: Cara Sederhana untuk Mengobati Sakit Gigi

(rdn/vit)