Rabu, 24 Mei 2017 07:08 WIB

Kurus Bukan Jaminan, Laura Basuki Kaget Tahu Kolesterolnya Tinggi

Firdaus Anwar - detikHealth
Laura Basuki kaget ketika tahu kolesterolnya tinggi. (Foto: Firdaus Anwar/detikhealth) Laura Basuki kaget ketika tahu kolesterolnya tinggi. (Foto: Firdaus Anwar/detikhealth)
Jakarta - Kolesterol tinggi adalah kondisi berbahaya yang bila dibiarkan dapat berujung pada penyakit katastropik. Karena kolesterol ini adalah lemak, maka ada pandangan umum yang melihat bahwa biasanya orang gemuk yang terpengaruh.

Padahal nyatanya tak demikian. Badan kurus bukan jaminan kolesterolnya lebih rendah dari mereka yang gemuk. Seperti contohnya yang dialami oleh artis Laura Basuki (29).

Dengan perawakan kurus tinggi, ibu dari satu orang anak ini terkenal dalam perannya di film Tiga 'Hati, Dua Dunia, Satu Cinta'. Laura mengaku sempat kaget begitu mengetahui bahwa dirinya ternyata memiliki tingkat kolesterol cukup tinggi meski dengan tubuh yang kurus.

"Saya enggak pernah diet, emang keturunannya kurus. Cuma karena enggak pernah diet itu makannya sembarangan. Pas dicek ternyata kadar kolesterol cukup tinggi," kata Laura ketika ditemui di Hotel Veranda, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2017).

"Dari situ baru sadar kalau ternyata orang kurus itu belum tentu sehat," lanjut Laura.

Mulai sejak itu Laura pun mulai mencoba menerapkan hidup sehat. Terutama ketika tahu hamil, Laura betul-betul menjaga asupan makanannya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur ditambah olahraga rutin.

Baca juga: Kontrol Hipertensi, Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Satu buah yang diakui menjadi favoritnya adalah buah kiwi. Dengan kandungan vitamin C dan serat yang tinggi buah kiwi menjadi andalan Laura untuk tetap menjaga kebugaran tubuhnya tetap prima.

"Karena aku ngerasa menjaga anak dan suami itu butuh stamina ya jadi harus jaga pola makan juga," kata Laura.

"Saya suka banget makan buah, setiap hari harus makan minimal sekali... Buat aku kiwi itu wajib kenapa karena satu buah itu vitamin C-nya setara tiga buah jeruk jadi aku rasa enggak perlu makan banyak-banyak. Kalorinya cukup rendah tapi nutrisinya tinggi banget," pungkasnya.

Baca juga: Dianggap Tinggi Kolesterol, Baguskah Telur Dikonsumsi Pasien Jantung?

(fds/vit)
News Feed