Rabu, 24 Mei 2017 17:35 WIB

Cara Laura Basuki Ajari Anak Kebiasaan Makan yang Baik

Firdaus Anwar - detikHealth
Laura Basuki dan Owen (Foto : Noel/detikHOT) Laura Basuki dan Owen (Foto : Noel/detikHOT)
Jakarta - Artis cantik Laura Basuki (29) adalah ibu dari satu orang anak laki-laki bernama Owen Sandjaya. Di usianya yang satu tahun empat bulan Owen diakui oleh Laura sudah sangat aktif mengeksplorasi terutama dalam hal makanan.

Ketika ditemui di D.LAB, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2017), Laura pun bercerita bahwa ia punya caranya sendiri bagaimana membiasakan kebiasaan makan yang baik pada anaknya.

Baca juga: Kurus Bukan Jaminan, Laura Basuki Kaget Tahu Kolesterolnya Tinggi

"Dari awal aku sama suami setuju kalau anak makan harus di baby chair (kursi bayi -red). TV mati supaya dia nggak pecah konsentrasinya dan kalau bisa bareng sama orang tua supaya dia ikut ngelihat kita makan terus ngiler gitu," kata Laura.

Dengan menciptakan lingkungan yang seperti itu Laura mengaku Owen jadi bisa makan dengan baik. Owen juga selalu diberikan waktu untuk mengonsumsi camilan sehingga bisa melatih kemampuan motorik halus sekaligus pemenuhan nutrisi.

"Awalnya digenggam terus melenceng ke pipilah ke hidunglah tapi lama-lama pake jari udah bisa makan sendiri," kata Laura.

"Sekarang sudah mulai senang pakai sendok jadi siapin mangkok harus ada dua sendok. Satu saya pegang satu lagi untuk dia juga pakai nyuapin saya," lanjutnya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memang merekomendasikan agar anak yang berusia 9-11 bulan dibiasakan untuk mendapat camilan sehat yang dapat digenggam tangannya sendiri. Contoh dari camilan yang bisa diberikan di antaranya seperi buah, sayur, atau produk-produk whole grain khusus untuk anak.

Baca juga: Camilan Sehat Bisa Latih Motorik dan Penuhi Nutrisi Anak

(fds/vit)
News Feed