Minggu, 28 Mei 2017 09:26 WIB

Efek Kurang Tidur, Otak Bisa Memakan Sel-selnya Sendiri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Tidur yang cukup dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Terlalu sering begadang salah satunya akan berdampak pada sel-sel otak.

Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa kondisi kurang tidur bisa membuat otak mulai memakan sel-selnya sendiri. Sel-sel otak yang berfungsi untuk membersihkan diri, akan menjadi terlalu aktif dalam kondisi tersebut.

Sel-sel astrocyte, demikian para ilmuwan menyebutnya, normalnya berfungsi memutus sinapsis atau sambungan antar sel di otak. Mekanisme ini dibutuhkan dalam rangka memperbaiki dan membentuk sambungan baru.

Namun eksperimen pada tikus menunjukkan, aktivitas sel-sel tersebut menjadi berlebihan ketika dikondisikan kurang tidur selama berhari-hari. Akibatnya, otak rentan mengalami kerusakan seperti yang ditemukan pada penyakit Alzheimer.

Simak juga videonya di 20detik:



Baca juga: Studi Sebut Durasi Tidur Terkait dengan Risiko Kanker Paru

Sang ilmuwan, Michele Bellesi dari Marche Polytechnic menggunakan sekelompok tikus dalam penelitian tersebut. Sebagian dibebaskan untuk tidur selama mungkin, sedangkan sebagian lagi dikondisikan seperti mengalami kurang tidur kronis.

Pada tikus-tikus dengan jam tidur yang tidak dibatasi, aktivitas astrocyte teramati sebesar 6 persen. Sedangkan pada tikus-tikus yang dikondisikan kurang tidur, termati aktivitas jenis sel tersebut meningkat hingga 8-13,5 persen. Demikian dikutip dari Newscientist.

Baca juga: Ini 5 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Hobi Begadang

(up/up)