Rabu, 31 Mei 2017 16:00 WIB

Kenapa Digelitiki Bisa Bikin Orang Tertawa?

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Digelitiki bisa bikin seseorang geli bahkan bisa membuatnya tertawa. Nah, apa sih yang menyebabkan hanya digelitiki saja bisa membuat beberapa orang tertawa sampai terpingkal-pingkal?

Praktisi yoga tertawa, Emmy Liana Dewi mengatakan ketika kita digelitiki seseorang, maka sebenarnya terjadi 'sentuhan'. Nah, sentuhan yang terjadi bisa menyenangkan dan tidak menyenangkan.

"Ketika sentuhan itu menyenangkan dan yang menyentuh atau menggelitiki sambil tertawa dan membuat rasa gembira, otomatis kita akan tertawa untuk mengekspresikan kegembiraan," kata Emmy saat berbincang dengan detikHealth.

Sebaliknya, ketika sentuhan itu tidak menyenangkan dengan dibuat terkejut oleh penggelitiknya, maka respons refleks seseorang yang digelitiki adalah merasa kaget, tegang dan sering menahan napas secara tidak sadar. Menurut Emmy, perasaan tegang, kaget, dan menahan napas tersebut bisa dilepaskan dengan tertawa keras.

Mengutip artikel 'How Laughter Works' yang ditulis Marshall Brain, Emmy menambahkan ketika digelitiki orang lain, seseorang bisa tertawa terbahak-bahak. Tetapi ketika digelitik oleh diri sendiri, yang bersangkutan tidak tertawa. Disebutkan, agar menggelitiki menimbulkan tawa, otak membutuhkan ketegangan dan kejutan atau surprise yang jelas langsung hilang ketika seseorang menggelitiki dirinya sendiri.

Baca juga: Terbukti! Senyum-senyum di Jalan, Sehat dan Menjamin Keselamatan

Kenapa Digelitiki Bisa Bikin Orang Tertawa?Foto: thinkstock


"Hal gelitik dan tawa ini bisa dihubungkan dengan produk sosialisasi dua orang yang bisa menimbulkan tawa sebagai ekspresi perasaan gembira dari bersosialisasi. Plus dihubungkan dengan refleks otot-otot yang menjadi tegang dan terkejut karena mendadak 'diserang' kemudian mekanisme pertahanan tubuh menghasilkan tawa yang merupakan pelepasan ketegangan dan kejutan tersebut," papar Emmy.

Saat tertawa, kadang ada orang yang sampai menangis, apa sebabnya? Emmy mengatakan tertawa menyebabkan epiglotis setengah menutup laring. Sehingga, asupan udara menjadi tidak teratur dan membuat orang terkesiap. Dalam keadaan ekstrem, saluran air mata diaktifkan sehingga tertawa terpingkal-pingkal dalam durasi yang panjang bisa menyebabkan kelenjar air mata aktif dan orang tersebut pun menangis.

"Ada juga ketika orang tertawa, sampai ngompol, ini karena tertawa melibatkan otot-otot perut bagian bawah berkontraksi dan disebut juga belly laughter. Perlu diingat, tertawa meningkatkan detak jantung serta aliran darah, dan epiglotis menutup laring. Sehingga orang dengan masalah tekanan darah tinggi dan jantung dianjurkan tidak tertawa terbahak-bahak," tambah Emmy.

Baca juga: Berapa Kalori yang Dibakar dengan Tertawa?

(rdn/up)
News Feed