Kamis, 01 Jun 2017 10:05 WIB

Alasan Kenapa Usai Operasi Caesar Dianjurkan Kunyah Permen Karet

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi makan permen karet (Foto: iStock)
Jakarta - Salah satu keluhan yang bisa dihadapi oleh seorang ibu yang melahirkan dengan proses caesar adalah masalah konstipasi. Penyebabnya diduga kuat berhubungan dengan luka yang ditimbulkan saat operasi dan menurut studi terbaru konsumsi permen karet bisa membantu pemulihannya.

Dipublikasi dalam jurnal Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, peneliti menyebut bahwa satu dari lima ibu yang operasi caesar bisa terpengaruh kondisi postoperative ileus. dr Vincenzo Berghella dari Thomas Jefferson University Hospital menjelaskan kondisi tersebut terjadi ketika gerakan saluran pencernaan melambat atau bahkan berhenti sama sekali.

Baca juga: Mengapa Usai Operasi Caesar ASI Hanya Keluar Sedikit?

Nah studi meta analisis menemukan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit secara rutin dapat membantu mengembalikan gerakan saluran cerna. Caranya dengan merangsang produksi air liur menipu tubuh bahwa ada banyak makanan masuk.

Sebetulnya seseorang bisa juga mendapatkan efek tersebut dengan makan secara normal. Namun gejala dari postoperative ileus adalah rasa kembuh dan mual sehingga para ibu mungkin merasa tidak ingin makan.

Dalam studi kira-kira cukup dengan mengonsumsi permen karet tiga kali per hari selama 15-30 menit maka pencernaan bisa kembali normal. Dalam hal ini kentut menjadi tanda dari hal tersebut.

"Intervensi sederhana dan murah pada umumnya, penyedia layanan kesehatan bisa mempertimbangkan pemberian permen karet pasca operasi caesar," tulis peneliti seperti dikutip dari jurnal Maternal-Fetal & Neonatal Medicine, Kamis (1/6/2017).

Baca juga: Lewat Foto, Ibu Ini Tunjukkan Perjuangan Jalani Operasi Caesar

(fds/up)