Minggu, 11 Jun 2017 16:01 WIB

Infografis: Penyebab Kanker Serviks, Kenali Agar Bisa Dicegah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Virus ini masih berkerabat sangat dekat dengan penyebab kutil kelamin Virus ini masih berkerabat sangat dekat dengan penyebab kutil kelamin
Jakarta - Kanker serviks seperti yang menggerogoti Julia Perez alias Jupe hingga akhir hidupnya, dipicu oleh virus yang dekat sekali dengan kehidupan sehari-hari. Masih berkerabat dekat dengan penyebab kutil kelamin.

Virus tersebut adalah Human Papilloma Virus (HPV). Sama sekali bukan virus yang langka, dan bisa ditemukan tidak hanya di organ reproduksi melainkan juga di mulut dan permukaan kulit lainnya.

Dari sekitar 100 jenis HPV yang dikenal, tidak semua menyebabkan kanker. Hanya sekitar 13 jenis yang berhubungan kanker, tipe 16 dan 18 menjadi penyebab dalam 70 persen kasus kanker serviks.

Penularan paling banyak terjadi melalui kontak seksual. Oleh karena itu, perilaku seks yang sehat dan aman menjadi salah satu pencegahan yang sangat dianjurkan. Penggunaan kondom juga terbukti ampuh menurunkan risiko penularan melalui kontak seksual.

Baca juga: Seperti Apa Ciri-ciri Kanker Serviks Seperti Dialami Jupe?

Kontak oral-seksual juga memungkinkan terjadinya penularan HPV. Beberapa bukti menunjukkan virus ini sebagai penyebab kanker lidah dan mulut serta kanker penis, dan dikaitkan dengan perilaku seks oral. Bahkan dalam beberapa kasus, kanker anus juga disebabkan oleh infeksi HPV.

Jupe meninggal dunia karena kanker serviks, seganas apakah penyakit tersebut? Simak dalam video Bincang Sehat berikut ini:



Pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian vaksin. Pemberian vaksin HPV lebih dianjurkan pada usia remaja, karena butuh waktu sekitar 5 tahun hingga benar-benar terbentuk kekebalan terhadap HPV.

Baca juga: Berbagai Penyebab Kanker Serviks, Penyakit yang Merenggut Nyawa Jupe

Beberapa hal tentang HPV terangkum dalam infografis berikut ini:

Kanker serviks dipicu oleh infeksi HPVKanker serviks dipicu oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus)
(up/up)
News Feed