Kamis, 15 Jun 2017 15:30 WIB

Perubahan Menyusui Saat Hamil: Rasa ASI Berubah dan Puting Nyeri

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Enno Lerian tengah hamil sambil tetap menyusui anak ketiganya, Nararya Aliy Soesetyo (9 bulan). Dalam kondisi tersebut, faktanya ada beberapa hal 'ajaib' yang mungkin terjadi.

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, di antaranya yakni perubahan rasa air susu ibu atau ASI. Pakar kesehatan laktasi Shannon K. Laughlin-Tommaso, MD menjelaskan bahwa selama proses kehamilan, faktor hormonal akan sangat terpengaruh.

Nah, salah satu efeknya juga akan memengaruhi komponen dan rasa dari ASI itu sendiri. "ASI akan tetap bernutrisi, namun rasanya mungkin akan sedikit berbeda. Pada sebagian anak, hal ini dapat memengaruhi pada kebiasaan menyusunya," ungkap Laughlin-Tommaso.

Baca juga: Enno Lerian Hamil Lagi, Amankah Jarak 9 Bulan Pasca Melahirkan?

Hal serupa juga disampaikan oleh pakar laktasi lainnya, Anne Smith, IBCLC. Dikutip dari Breastfeeding Basics, ia menjelaskan bahwa akibat faktor hormonal, seiring berjalannya waktu ASI ibu hamil akan berubah komposisi menjadi kolostrum, terutama saat memasuki trimester kedua.

"Kolostrum tidak semanis ASI yang biasa, jadi ada kemungkinan si kakak tidak menyukai rasanya," ujar Smith.

Baca juga: Demi Jaga Berat Badan, Dokter Anjurkan Ibu Hamil Punya Timbangan di Rumah

Perubahan lain yang mungkin dialami ketika ibu menyusui saat hamil adalah munculnya rasa nyeri di puting. Lagi-lagi akibat perubahan hormonal, sebagian besar ibu hamil akan mengalami bengkak pada puting, sehingga proses menyusui pun akan terasa berbeda.

Menurut Smith, nyeri pada puting adalah salah satu alasan umum mengapa ibu menyapih saat hamil. Rasa tak nyaman ini biasanya paling terasa pada bulan-bulan awal kehamilan.

"Karena perubahan-perubahan ini, banyak ibu yang kemudian berhenti menyusui saat hamil. Namun ada juga yang tetap menyusui karena si kakak tetap mau menyusu dan tidak terjadi nyeri puting pada ibu. Semua bergantung pada kondisi masing-masing," imbuh Smith.



(ajg/up)