Rabu, 21 Jun 2017 14:07 WIB

Punya Masalah Bau Badan Tak Sedap? Ini Berbagai Penyebab yang Tak Disangka

Widiya Wiyanti - detikHealth
Bau badan yang tak sedap disebabkan beberapa hal yang tak disangka. Foto: Thinkstock
Jakarta - Bau badan bisa sangat mengganggu dan tidak disukai hampir semua orang. Bau yang tidak sedap itu muncul karena bakteri yang hidup di kulit memecah keringat menjadi asam.

Nah begitu kamu mengetahui berbagai penyebabnya, maka dengan mudah kamu dapat mengatasi bau badan yang tidak sedap itu. Ini beberapa penyebab bau badan yang tidak disangka-sangka dilansir dari Women Daily Magazine, Rabu (21/6/2017):

Baca juga: Efek Malas Ganti Baju Saat Berkeringat: Timbul Panu Hingga Imun Drop

1. Terlalu Stres

Terlalu banyak stres menyebabkan tubuh menghasilkan keringat terlalu banyak dan juga bau yang tidak sedap. Karena itu, penting sekali menarik napas dalam-dalam dan melepaskan penat yang dirasakan oleh tubuh. Ini berarti meluangkan waktu untuk bersantai setiap hari dan setiap minggu bisa menjadi faktor besar dalam mengurangi bau badan tak sedap.

2. Makanan Pedas

Pada makanan pedas terdapat bumbu tertentu seperti bawang putih atau kari yang sebenarnya bisa membuat bau badan. Saat kita mencerna bumbu-bumbu terswebut, tubuh kita mengeluarkan gas yang mengandung belerang. Bau tersebut berasal dari tubuh yang memecah bumbu-bumbu itu dan makanan yang rasanya pedas. Saat mengonsumsi makanan pedas, penting untuk minum banyak air sebelum dan sesudah makan agar bau badan berkurang.

Apa kata dokter tentang bau badan? Simak dalam video Bincang Sehat di bawah ini:


3. Tidak Memakai Kaus Kaki

Bila kamu memakai sepatu tanpa kaus kaki, kaki akan merasa panas dan mulai mengeluarkan keringat. Bila tidak ada udara di sekeliling kaki, maka akan menimbulkan bau yang tak sedap. Cobalah memakai kaus kaki saat memakai sepatu, atau semprot bagian dalam sepatu dengan semprotan pemutih.

Baca juga: Banyak Daki Tapi Malas Mandi, Risikonya Infeksi Kulit

4. Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping, salah satunya yaitu menimbulkan bau yang tak sedap. Contohnya adalah pil KB yang dapat menyebabkan mulut kering dan bau belerang. Selain itu, konsumsi obat acetaminophen atau obat anti depresi secara berlebihan dapat menyebabkan keringat berlebih dan akhirnya bau badan tak sedap. Maka sebelum mengonsumsi obat-obatan tertentu lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

5. Terlalu Banyak Makan Daging Merah

Daging merah sulit dicerna oleh tubuh. Saat sistem pencernan memecah daging merah, sisa asam amino tertinggal di usus. Begitu enzim memecah sisa asam amino tersebut, kemudia bercampur dengan bakteri kulit dan menyebabkan bau tak sedap. Maka dari itu disarakan untuk minum banyak air saat mengonsumsi daging merah untuk mengurangi bau tak sedap.

6. Kehamilan

Siapa sangka kehamila dapat menyebabkan bau yang tak sedap. Saat hamil, aura tubuh akan berubah termasuk bau badan. Biasanya karena perubahan hormonal bisa menyebabkan bau mulut dan bau di bagian vagina.

7. Diet Rendah Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dikenal karena menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cepat. Tapi saat kamu membakar lemak, tubuh kamu menghasilkan zat kimia yang bisa membuat keringat menjadi tak sedap. Bau ini biasanya berlangsung selama menjalani diet.

Baca juga: Disebut-sebut Bisa Picu Kanker, Perlukah Pakai Deodoran Tiap Hari? (wdw/up)