ADVERTISEMENT

Sabtu, 24 Jun 2017 20:07 WIB

Lebaran Tiba! Catat Dulu Pesan Dokter Agar Kolesterol Tetap Terjaga

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Boleh makan enak saat Lebaran, tapi awas jangan sampai kolesterol melonjak (Foto: iStock)
Jakarta - Sulit rasanya menolak godaan hari raya. Dari makanan bersantan seperti ketupat sayur hingga makanan dan minuman yang manis-manis selalu jadi andalan saat merayakan kemenangan.

Tapi, ingat, merayakan hari raya tetap harus dengan sehat lho. Terlebih jika Anda memiliki riwayat kolesterol. "Sebisa mungkin hindari bagian daging yang berlemak, seperti kulit ayam, jadi kalau mau ambil opor, ambil ayamnya aja, kulit ayamnya jangan dimakan," saran dr Franciscus Ari, Sp.PD saat ditemui detikHealth baru-baru ini.

Kuah bersantan seperti kuah opor atau ketupar sayur juga sebisa mungkin dikurangi. Sebab, santan juga salah satu hal yang bisa meningkatkan kadar kolesterol saat hari raya.

Baca Juga: Dianggap Tinggi Kolesterol; Baguskah Telur Dikonsumsi Pasien Jantung?

Selain itu, dokter yang akrab disapa Ari menurutkan bahwa kebanyakan orang juga suka melupakan bahwa gula berlebih juga bisa membuat kadar kolesterol meningkat. "Kadang orang bilang 'ah ga mau makan opornya' tapi dia minum soda, sirup, kan sama aja," terangnya seraya tertawa kecil.

Sebaiknya, menurut dr Ari, dibandingkan mengonsumsi opor atau rendang yang tinggi lemak, tambahkan porsi sayuran ke dalam piring akan jadi lebih baik. "Kenapa? Karena sayuran itu mengandung serat yang bisa mengganggu penyerapan lemak, selain itu serat juga bisa membuat orang lebih mudah kenyang dan pastinya sayur itu sehat karena kaya vitamin,"

Terkadang berkumpul dengan orang-orang terkasih membuat Anda terus menerus dijamu oleh makanan lezat. "Kadang karena ga enak ditawarin jadi kita makan lagi,makan lagi," katanya.

Hal penting yang harus diingat, "berhentilah makan sebelum kekenyangan, kadang udah kenyang juga masih aja dipaksain," pungkas dr Ari.

Baca Juga: 10 Langkah Menurunkan Kolesterol

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT