Minggu, 23 Jul 2017 10:05 WIB

Ini Sebabnya Mengingat Wajah Lebih Mudah Dibanding Mengingat Nama

Aisyah Kamalia - detikHealth
Meski berusaha sekeras apapun, kadang kita bisa kesulitan mengingat nama. (Foto: iStock) Meski berusaha sekeras apapun, kadang kita bisa kesulitan mengingat nama. (Foto: iStock)
Jakarta - "Hai... lupa namanya," demikian sapaan yang sering terucap ketika bertemu seseorang yang wajahnya cukup akrab, tetapi namanya terlupakan sama sekali.

Nampaknya banyak orang yang mengalami hal serupa. Meskipun canggung tapi sebisa mungkin percakapan berjalan dengan lancar, dengan harapan lawan bicara tidak sadar kalau kita lupa nama panggilannya.

Tenang, bukan berarti Anda jahat karena melupakan nama seseorang, walaupun orang itu ingat nama Anda. Dilansir Body and Soul, Dervla Loughnane dari Virtual Psychologist mengatakan hal ini wajar karena tak hanya Anda yang mengalami hal serupa.

Menurut loughnane, kita bisa lupa nama seseorang dikarenakan kita tidak fokus pada namanya saat berkenal. Ketidakfokusan ini bisa dikarenakan Anda terlalu sibuk memikirkan bagaimana penampilan Anda, atau justru lebih condong untuk berusaha memuji lawan bicara.

Baca Juga: Hari Pertama Sekolah, Hindari Memaksa Anak untuk Langsung Berkenalan

Ditambah, kita kurang memberikan usaha ekstra pada otak agar bekerja ketika seseorang itu mengucapkan nama. "Mengingat nama adalah kemampuan kognitif, butuh kerja memori untuk diingat," katanya.

Meskipun lupa namanya, biasanya kita tetap bisa mengingat wajah seseorang. Dikutip dari Science Friday, hal ini dikarenakan manusia adalah mahluk visual. Dituturkan oleh Clea Warburton, ilmuan saraf kognitif dari University of Bristol, otak kita mempunyai lebih banyak korteks yang ditujukan untuk mengolah informasi visual dibandingkan dengan indra kita yang lain.

"Manusia diprogram untuk mengkodekan dan mengambil informasi visual lebih banyak daripada informasi pendengaran," tambahnya.

Baca Juga: 'Buta Wajah', Pria Ini Tak Bisa Mengenali Wajah Orang Lain

Beruntung, Loughnane membagikan tips khususnya untuk membantu Anda agar mampu mengingat nama lebih baik. Caranya adalah dengan langsung mengulangi nama yang lawan bicara sebutkan dan kaitkan dengan hal yang bisa membuat Anda dengan mudah mengingatnya.

Anda bisa mencobanya dengan memberikan sedikit lelucon. Contohnya, Anda bertemu dengan seseorang bernama Rose. Ucapkan; "Rose, wah pantas saja Anda secantik pemeran utama film Titanic," misalnya.

Jika cara itu kurang efektif, maka meminta emailnya adalah solusi yang tepat. Catat namanya dan juga nama anggota keluarganya yang lain akan lebih baik. Jadi jika suatu hari bertemu lagi, tak hanya namanya, namun Anda tetap bisa mengingat nama buah hatinya. So sweet.

Baca juga: Dikira Sombong, Brad Pitt Idap Penyakit Langka Sulit Kenali Wajah (up/up)