Selasa, 25 Jul 2017 09:39 WIB

Hati-hati! Salah Perawatan, Bulu Hidung Bisa Picu Mimisan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jika dilakukan dengan cara yang keliru, merawat bulu hidung justru bisa menyebabkan mimisan. (Foto: Ilustrasi/Thinkstock) Jika dilakukan dengan cara yang keliru, merawat bulu hidung justru bisa menyebabkan mimisan. (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta - Hidung adalah anggota tubuh yang butuh perawatan karena merupakan tempat di mana respirasi atau pernapasan manusia berlangsung. Untuk menjaganya selalu sehat, sebenarnya cara yang dilakukan tidaklah sulit. Tapi jika salah-salah akibatnya bisa jadi masalah.

Saat dihubungi oleh detikHealth via telepon, Senin (24/7/2017), dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Center Denpasar, menjelaskan bagaimana sebaiknya merawat bulu hidung, yakni rambut-rambut halus yang tumbuh di rongga hidung. Menurutnya adalah dengan cara yang cukup mudah yakni membasuhnya dengan air.

Dengan memasukkan air ke dalam hidung atau dibasuh saja? Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Bali ini menyebutkan bahwa tidak ada cara khusus untuk membersihkannya. Membersihkan hidung bisa dilakukan di sela-sela mencuci muka.

Baca juga: Bukan Dikorek, Begini Cara Sehat Membersihkan Upil Menurut Dokter

Mengupil atau mengorek hidung boleh saja untuk mengeluarkan kotoran hidung, namun tetap harus memperhatikan sejumlah hal. Seperti dengan melakukan secara pelan, tidak terlalu dalam, atau menggunakan bantuan dari kain yang lembut.

"Yang penting harus lembut, karena mukosa rapuh dan banyak pembuluh darah," tambahnya. Sebab, jika mengoreknya dengan kasar, dikhawatirkan akan membuat pembuluh darah dalam hidung pecah sehingga terjadi mimisan.

Baca juga: Bulu Hidung Lebat Pengaruhi Banyaknya Kotoran Hidung, Mitos atau Fakta?

Selain itu, Dr Agus Subagio, SpTHT, spesialis THT dari RS Puri Indah juga pernah membagikan triknya untuk alternatif membersihkan hidung.

Salah satunya adalah dengan memakai garam laut yang banyak dijual di pasaran dalam kemasan botol. Tidak perlu dihirup-hirup, tinggal disemprotkan saja ke rongga hidung. Risiko tersedak karena menghirup terlalu dalam tentunya lebih kecil.

Baca juga: Fungsi 'Cuci Hidung' pada Anak Seperti Video Viral di Medsos (up/up)