Sabtu, 29 Jul 2017 09:39 WIB

Awas, Kesalahan Saat Gosok Gigi Bisa Menyebabkan Ngilu

Widiya Wiyanti - detikHealth
Gigi sensitif bisa dipicu oleh cara menggosok gigi yang tidak tepat (Foto: Getty Images) Gigi sensitif bisa dipicu oleh cara menggosok gigi yang tidak tepat (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pernah merasakan ngilu pada gigi? Biasanya ini merupakan gejala umum pada gigi sensitif. Menurut data dari Ipsos Indonesia Research pada tahun 2011, 45 persen orang Indonesia cenderung merasakan ngilu gigi saat mengonsumsi makanan dan minuman dingin, panas, manis, atau asam.

Dokter gigi dari Divine Dental Clinic Jakarta, drg Hardini Dyah Astuti, SpPerio menjelaskan bahwa biasanya kesensitifan pada gigi biasanya dikarenakan mengonsumsi makanan yang mengadung asam berlebih.

"Itu merangsang enamel (email gigi) itu erosi. Kalau enamelnya terkikis atau hilang, langsung ke dentin. Di dalam dentin itu ada cairan yang dinamakan cairan dentin. Nah itu kalau kena manis, panas, dingin, asam, itu dia langsung merangsang masuk ke saraf makanya bisa ngilu," jelasnya saat ditemui di Atrium Gandaria City Mall, Jumat (28/7/2017).

Baca juga: Doyan Makan, Ini Cara Mpok Sylvi Jaga Kesehatan dan Berat Badan

Dokter yang disapa dr Dini itu mengatakan bahwa biasanya yang orang berusia muda yang sering mengalami gigi sensitif. Semakin tua, maka akan semakin tidak merasakan ngilu yang berlebih pada gigi.

"Yang rentan kena gigi sensitif itu yang usia muda. Starting di umur 20, udah mulai agak-agak ngilu," ujarnya.

"Semakin tua malah semakin enggak, karena ruang pulpanya semakin kecil, sensor ke sarafnya juga lebih kecil. Jadi orang tua kalau giginya goyang saja nggak ngerasa sakit," imbuhnya.

Menggosok gigi secara kencang juga merupakan salah satu penyebab gigi sensitif. dr Dini juga mengingatkan untuk memilih sikat dan pasta gigi yang benar.

"Pilih sikat gigi yang bulu sikatnya halus, jangan yang keras supaya kalau kena gusi nggak sakit dan gusinya nggak naik," pungkasnya.

Baca juga: Doyan Makan, Lala Karmela Rutin Olahraga Kardio Agar Badan Tak Gemuk

(wdw/up)
News Feed