Minggu, 30 Jul 2017 08:18 WIB

Cara Tepat Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Tabir surya bisa jadi penghalang sinar UV yang menjadikan kulit menjadi gelap. Tapi, sudah benar belum penggunaannya? (Foto: Thinkstock) Tabir surya bisa jadi penghalang sinar UV yang menjadikan kulit menjadi gelap. Tapi, sudah benar belum penggunaannya? (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Selain menggunakan payung dan kaca mata, menggunakan sunblock atau tabir surya juga bisa jadi salah satu cara untuk menghadang sinar UV (Ultra Violet). Namun, banyak orang yang salah dalam tata cara penggunaannya.

Disampaikan oleh dr Laksmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada kepada detikHealth, tabir surya adalah salah satu pilihan untuk mengurangi efek dari UV. Sinar tersebut paling kuat dipancarkan oleh matahari paling di kisaran pukul 10.00-14.00.

Dalam menggunakan tabir surya, banyak orang berpikir bahwa dengan langsung mengoleskannya maka tubuh seketika bisa aman terpapar sinar matahari. Padahal, tidak seperti itu cara kerjanya.

Baca juga: Cuaca Panas! Hindari Pakai Baju Ketat Agar Tak Ada Biang Keringat

"Tabir suryanya itu jangan langsung buru-buru mau keluar sekarang pakai, seharusnya tabir surya itu dipakai 10-20 menit sebelum kita keluar. Sehingga, tabir suryanya sudah menyerap baru kita keluar," jelas dokter yang akrab disapa dr Laksmi ini.

Di samping menggunakan tabir surya, kenakan juga pakaian panjang yang bisa menutupi kulit.

"Bisa dengan kacamata, bisa juga dengan topi, itu sedikit mengurangi, atau dengan payung," kata dr Laksmi.

Cara lain adalah mengurangi aktivitas di luar rumah. Sebab, di dalam rumah, sinar UV yang masuk pun lebih sedikit sehingga kulit jauh lebih aman dari terbakar atau menghitam.

Baca juga: Efek Malas Ganti Pakaian Saat Berkeringat: Kulit 'Stres' dan Jamuran

(up/up)
News Feed