Selasa, 01 Agu 2017 10:16 WIB

Menyentuh! Pesan Ibu yang Anaknya Terinfeksi Herpes

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang ibu yang anaknya terinfeksi virus herpes. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ibu dari seorang anak berusia satu tahun, Samantha Rodgers, memperingatkan seluruh orangtua agar mewaspadai anaknya terjangkit herpes seperti yang dialami anaknya.

Walau tidak mengetahui dengan pasti apa penyebab anaknya tertular virus tersebut, Samantha menyarankan untuk memperhatikan siapa saja yang menyentuh anak-anak mereka.

Samantha mengatakan bahwa terdapat luka lepuh merah pada mulut anaknya, Juliano. Awalnya gejala tersebut dikira sebagai flu atau penyakit yang menyerang kaki, tangan dan mulut. Namun lama-kelamaan luka-luka tersebut mulai menyebar.

"Luka itu tumbuh di tangan, leher, dan perutnya, ujar Samantha dikutip dari New York Post, Selasa (1/7/2017).

Baca juga: Ciuman Mematikan: Ketika Bayi Meninggal Kena Virus dari Sariawan

Juliano kemudian dinyatakan positif terkena virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1), yaitu virus yang menyerang kebanyakan anak usia dini. Virus ini menyerang bagian atas tubuh, dada, wajah, mulut, mata, kepala dan lainnya.

"Ini menyebalkan karena bisa menjadi masalah seumur hidup," kata Samantha.

Bagi bayi, virus ini bisa memperparah kondisi tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Biasanya virus ini menular dari kontak dekat dengan seseorang yang juga terinfeksi HSV-1.

"Saya tidak tahu bagaimana menangani ini. Saya mencoba yang terbaik. Ini menghancurkan hati dan saya tidak dapat melakukan apapun untuk membantunya," tuturnya.

"Jika Anda melihat orang dengan gejala flu atau apapun, jangan biarkan bersentuhan dengan bayi Anda," pungkasnya.

Baca juga: Sebelum Cium Bayi, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Tularkan Penyakit

(wdw/mrs)