Ini Penyebab Jerawat Suka Muncul di Punggung

ADVERTISEMENT

Ini Penyebab Jerawat Suka Muncul di Punggung

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Selasa, 01 Agu 2017 13:44 WIB
Produksi minyak berlebih dapat muncul jerawat di punggung. Foto: thinkstock
Jakarta - Umumnya jerawat akan muncul di wajah dan menurunkan rasa percaya diri. Namun pada beberapa orang jerawat juga muncul di daerah punggung. Kenapa ya?

Dermatolog dr Laksmi Duarsa, SpKK, menjelaskan jerawat yang muncul pada punggung pada umumnya mirip dengan radang pada folikel rambut atau folikulitis. Oleh karena itu munculnya jerawat pada punggung bisa disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih di antara folikel rambut.

"Jerawat memang bisa muncul di mana-mana. Punggung pun juga bisa," ucap dr Laksmi yang sehari-hari praktik di RS Surya Husadha, Denpasar ketika dihubungi detikHealth baru-baru ini.

Baca juga: 5 Cara untuk Mengusir Jerawat di Punggung

Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat pada punggung? dr Laksmi mengatakan sama halnya dengan mengatasi jerawat pada wajah yaitu jerawat diberikan obat. Namun jika jerawat menimbulkan infeksi maka bisa ditambahkan antibiotik.

"Dikasi obat saja sama seperti wajah. Kalau ada infeksi ya antibiotik, selain itu juga dikasi obat pengeringnya biar lebih cepat prosesnya," pungkas dr Laksmi.

Hal yang sama diutarakan juga oleh dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK. Namun menurut dr Eddy kelainan yang menyerupai jerawat di punggung bisa juga muncul karena bakteri atau jamur.

"Jerawat di punggung juga bisa muncul akibat iritasi bahan pakaian yang melekat di kulit. Misalnya seperti bahan pelembut, pelicin dan pengharum yang ada di pakaian saat proses pencucian," kata dr Eddy.

Jika Anda mengalami kondisi ini, dr Eddy berpesan bahwa Anda harus bersabar karena jerawat di punggung tak bisa diobati dan dihilangkan secara instan. Pengobatan yang dilakukan harus benar-benar teratur dan disiplin.

Baca juga: Kenali Penyebab Munculnya Jerawat di Punggung


(wdw/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT