Selasa, 01 Agu 2017 16:03 WIB

Ingin Menghindari Merkuri, Ibu Gigi Hadid Hapus Tambalan Lama Giginya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Yolanda Hadid lakukan prosedur untuk menghilangkan amalgam merkuri di giginya. Foto: Instagram/Yolanda Yolanda Hadid lakukan prosedur untuk menghilangkan amalgam merkuri di giginya. Foto: Instagram/Yolanda
Jakarta - Ibu dari model ternama dunia Gigi Hadid, Yolanda Hadid (53) baru-baru ini mengunggah fotonya di Instagram bahwa dia telah menjalani prosedur kontroversial untuk menghapus tambalan lama dari giginya.

"Saya menghilangkan semua amalgam merkuri saya," tulisnya di foto tersebut.

Amalgam biasanya digunakan sebagai penambal gigi yang berlubang dengan berbahan dasar logam yang mengandung merkuri. Bagian gigi yang rusak dihilangkan oleh dokter gigi dengan cara dibor dan kemudian ditambal dengan amalgam.

Tujuannya dilakukan prosedur penghilangan amalgam pada gigi ini adalah untuk membersihkan racun potensial dari tubuh. Dikutip dari New York Post, Selasa (1/7/2017), komunitas kedokteran gigi mengatakan bahwa prosedur semacam berbahaya.

Baca juga: Marak Dijual Pemutih Gigi Instan, Aman atau Tidak Ya?


Dokter gigi dari Herald Aquare, Idelle Brand mengatakan bahwa dia mendapatkan sekitar 15 pasien yang memiliki keluhan seperti Yolanda. dr Brand melakukan prosedur ini sekitar 30 kali dalam satu bulan.Ia menyebutnya 'prosedur keselamatan merkuri'.

Menurutnya amalgam gigi berkaitan dengan penyakit autoimun. Ia pun percaya bahwa menghilangkan amalgam yang mengandung merkuri tersebut dapat membuat antibodi bekerja optimal untuk melawan penyakit.

Namun, Asosiasi Dokter Gigi Amerika mengatakan bahwa prosedur seperti itu tidak diperlukan bahkan berbahaya. Asosiasi ini bahkan menganggap tidak etis bagi seorang dokter gigi untuk menghilangkan jenis tambalan ini hanya untuk menggantinya dengan yang lain.

Profesor kedokteran gigi umum dari Universitas Stony Brook, Amerika Serikat, Ying Gu, PhD mengatakan penelitian menunjukkan bahwa merkuri dalam jumlah kecil yang disebabkan karena penambalan gigi tidak memiliki efek samping.

"Tinjauan ilmiah yang ekstensif menunjukkan bahwa tidak ada bukti yang memadai untuk mengaitkan amalgam gigi dengan berbagai keluhan penyakit lainnya," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh dokter gigi dari Cosmetic Dental Associates yang juga merupakan anggota Asosiasi Dokter Gigi Amerika, John Moore bahwa prosedur tersebut tidak direkomendasikan.

Baca juga: Nyeri Saat Tambal Gigi, Wajar atau Nggak Ya?

(wdw/fds)
News Feed