Rabu, 02 Agu 2017 09:10 WIB

Penyakit Kusta yang Terabaikan

Infografis: Kondisi Terkini Penyakit Kusta di Indonesia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Penyakit kusta masih banyak di temukan di Indonesia. Foto: Thinkstock Penyakit kusta masih banyak di temukan di Indonesia. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kusta adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini dikategorikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu dari penyakit tropis yang terabaikan (Neglected Tropical Disease).

Penyakit kusta menyerang saraf tepi dan kulit manusia. Jika tak diobati, penyakit kusta bisa menimbulkan kecacatan fisik yang cukup parah.

Baca juga: 14 Provinsi di Indonesia Belum Terbebas dari Kusta

Namun jangan khawatir, obat penyakit kusta kini sudah tersedia di seluruh Indonesia. Obat penyakit kusta juga diberikan gratis bagi seluruh pasien dan mampu menghilangkan 100 persen bakteri dari dalam tubuh yang membuat pasien terhindar dari kecacatan.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menargetkan seluruh provinsi di Indonesia berhasil mengeliminasi kusta pada tahun 2019. Duta WHO untuk eliminasi penyakit kusta, Yohei Sasakawa, menyebut target itu bisa dicapai asalkan pemerintah konsisten melakukan upaya penemuan kasus baru dan pengobatan pasien.

"Kalau penyakit kusta cepat ditemukan dan segera diobati, bisa sembuh 100 persen dan tidak mengalami kecacatan. Ingat, kusta bisa disembuhkan dan bukan merupakan kutukan atau hukuman dari Tuhan," kata Sasakawa.

Baca juga: Indonesia, Jangan Lupakan Penyakit Kusta

Untuk lebih jelas melihat kondisi terkini penanganan penyakit kusta di Indonesia, simak infografis berikut ini:

Infografis data kusta di Indonesia.Infografis data penyakit kusta di Indonesia. Foto: Infografis
(mrs/up)
News Feed