Rabu, 09 Agu 2017 17:05 WIB

Teh Hijau Bisa Kurangi Rasa Ngilu pada Gigi

Suherni Sulaeman - detikHealth
Teh hijau dapat mengurangi ngilu pada gigi/Foto: Istimewa Teh hijau dapat mengurangi ngilu pada gigi/Foto: Istimewa
Jakarta - Gigi yang sensitif bisa berdampak pada kehidupan sehari-hari seperti makan, minum dan menyikat gigi. Namun tak perlu gusar, kabar baiknya sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal ACS Applied Materials and Interfaces mengungkapkan bahwa ekstrak teh hijau mampu melawan sensitivitas gigi.

Dilansir dari Men's Health, sensitivitas pada gigi terjadi saat lapisan pelindung gigi yang disebut enamel dan jaringan tulang yang disebut dentin itu terpapar. Jadi ketika lapisan pelindung menipis, saat menikmati makanan dan minuman yang panas atau dingin menyebabkan hipersensitivitas atau rasa sakit yang tajam.

Baca juga: 5 Fakta yang Harus Diketahui Soal Gigi Sensitif

Mineral yang disebut nanohidroksiapatit dipasang pada tabung dentin untuk menghentikan cairan dan makanan agar tidak sampai ke pusat saraf gigi. Masalahnya, bahan itu tidak bertahan lama dan tidak benar-benar melindungi gigi dari paparan asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut.

Nah, saat itulah para peneliti memutuskan untuk menggabungkan nanohidroksiapatit dengan ekstrak teh hijau yang disebut EGCG untuk melawan bakteri akibat penumpukan plak sehingga menyebabkan gigi berlubang. Ketika para peneliti mengkombinasikan bahan-bahan tersebut, terbukti mencegah pembentukan plak dan erosi gigi.

Terkait itu, Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKGA (K), PhD pada beberapa waktu lalu mengatakan bahwa yang paling terpenting dalam melakukan pencegahan gigi sensitif adalah kumur-kumur setelah mengonsumsi makanan berat maupun ringan untuk menghindari infeksi dari bakteri.

"Pertama sikat gigi dengan bersih, lalu kumur-kumur, setelah itu sikat gigi kembali dengan pelan-pelan seluruh permukaan, dan yang terkahir kumur-kumur namun jangan terlalu bersih untuk membiarkan fluor yang tersisa bereaksi dan mengurangi sensitivitas gigi," tutur Prof Heriandi.

Baca juga: Kata Peneliti, Makan Upil Baik untuk Kesehatan Gigi

(hrn/up)