Selasa, 15 Agu 2017 17:35 WIB

3 Cara Atasi Rasa Takut Disuntik

Erika Kurnia - detikHealth
Rasa takut terhadap jarum suntik bisa diatasi kok. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Rasa takut terhadap jarum suntik bisa diatasi kok. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Ketakutan pada jarum suntik tidak hanya dijumpai pada anak-anak, tapi juga orang dewasa. Seperti pada satu video viral berdurasi 1:23 detik yang memperlihatkan seorang tentara ketakutan saat akan diambil darahnya dengan alat suntik.

Baca juga: Video: Ekspresi Kocak Anggota TNI Histeris Saat Hendak Disuntik

Ketakutan seperti itu sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara. Seorang praktisi kedokteran di Sunnybrook Hospital, Andrea Goncz, membagikan tiga cara untuk mengatasi rasa takut pada jarum suntik sebagai berikut.

1. Mengalihkan perhatian.

Menurutnya, mengalihkan perhatian pasien dari jarum suntik adalah teknik terbaik untuk mengatasi rasa takut disuntik. Anak-anak, misalnya, bisa dialihkan perhatiannya dengan dibawakan mainan favorit atau makanan kesukaan. Bagi orang-orang yang lebih besar bisa dengan diajak mengobrol.

Makanan manis disebut dapat membantu seseorang menahan rasa sakit.Makanan manis disebut dapat membantu seseorang menahan rasa sakit. Foto: iStock


2. Diberi makanan manis.

Makanan manis, seperti permen atau minuman mengandung gula juga bisa menjadi pengalih rasa takut yang manjur. Menurut Andrea, rasa manis bisa membantu meningkatkan endorfin yang akan mengurangi rasa sakit.

Ada plester khusus yang bahkan dapat menjadi pengganti jarum suntik.Ada plester khusus yang bahkan dapat menjadi pengganti jarum suntik. Foto: Georgia Institute of Technology/BBC


3. Menggunakan plaster penghilang rasa sakit.

Plaster penghilang rasa sakit tersedia untuk membantu melawan rasa sakit. Plaster ini bisa digunakan satu jam sebelum disuntik, kata Andrea. (fds/fds)