Sabtu, 19 Agu 2017 14:04 WIB

Selain Memijat, Ini yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Nyeri Otot Pasca Lomba 17-an

Erika Kurnia - detikHealth
Pegal dan nyeri otot setelah mengikuti perlombaan dalam perayaan 17-an bisa diatasi dengan tidur atau lakukan aktivitas fisik yang ringan. (Foto: thinkstock) Pegal dan nyeri otot setelah mengikuti perlombaan dalam perayaan 17-an bisa diatasi dengan tidur atau lakukan aktivitas fisik yang ringan. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Pegal dan nyeri otot setelah mengikuti perlombaan dalam perayaan 17-an pasti sangat mengganggu aktivitas Anda. Berbagai cara seperti memijat dan menggunakan obat penghilang rasa sakit adalah beberapa solusi yang dapat memperingan penderitaan Anda.

Sementara, pemijatan yang dilakukan sendiri bisa berisiko memperburuk kondisinya, Anda masih bisa melakukan beberapa cara untuk untuk mengurangi pegal dan nyer otot lebih cepat. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari 5-A-Side, Sabtu (19/8/2017).

Baca juga: Alasan Otot Baru Terasa Sakit Sehari Setelah Olahraga

1. Mandi es

Terapi ini cukup populer dipraktikkan oleh para profesional. Jika tidak dengan es, pastikan Anda mandi dengan air yang sangat dingin. Adapun bentuk terapi lain yang kerap digunakan para profesional olahraga adalah 'contrast water therapy', yaitu merendam tubuh secara bergantian di air dingin dan panas untuk mengurangi nyeri otot.

Mandi dengan air dingin atau es dapat membantu mengurangi nyeri ototMandi dengan air dingin atau es dapat membantu mengurangi nyeri otot Foto: ilustrasi/thinkstock


2. Tidur

Saat Anda sedang tidur, tubuh Anda akan secara otomatis melakukan perbaikan dan pemulihan otot. Lonjakan hormon pertumbuhan manusia yang alami, seperti testosteron dan melatonin, akan membantu reproduksi dan regenerasi sel di dalam tubuh selama tidur. Buat tidur Anda lebih berkualitas jika ingin nyeri otot cepat berkurang.

3. Banyak bergerak

Mengatasi pegal dan nyeri otot juga bisa dilakukan dengan banyak gerak. Beberapa gerakan moderat dapat membantu proses penyembuhan otot dan memperbaiki sirkulasi darah. Beberapa aktivitas seperti berenang, berjalan kaki, atau joging sangat disarankan.

4. Makan banyak karbo dan protein

Satu hal menyenangkan dari cara pemulihan otot yang sakit adalah Anda bebas banyak makan makanan berkarbohidrat dan berprotein. Karbohidrat dibutuhkan untuk menggantikan simpanan glikogen (energi) yang habis setelah Anda banyak gerak sebelumnya. Ini bisa didapat dari nasi, ubi, madu, atau makanan manis yang sehat lainnya.

Baca juga: Ini Sebabnya Otot Terasa Sakit Usai Berolahraga

Yang tak kalah penting adalah makanan mengandung protein. Ini penting untuk perbaikan otot yang rusak setelah aktivitas yang berat. Protein bisa didapat dari telur, susu, dan daging.

Asupan tinggi protein seperti daging merah baik untuk otot.Asupan tinggi protein seperti daging merah baik untuk otot. Foto: iStock


5. Cukup minum air putih

Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akibat banyak gerak saat mengikuti perlombaan 17-an bisa jadi slaah satu pemicu otot Anda sakit keesokan harinya. Untuk itu, cukupi asupan air putih yang bisa kembali menghidrasi tubuh sekaligus membuang racun dengan 1,2-1,5 liter per hari.

Minum air putih penting untuk cegah otot sakit usai 17-anMinum air putih penting untuk cegah otot sakit usai 17-an Foto: Thinkstock
(up/up)