Kamis, 24 Agu 2017 13:34 WIB

Jangan Dianggap Remeh, Ini Tandanya Infeksi Saluran Kencing

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Infeksi saluran kencing ada gejalanya lho. Foto: ilustrasi/thinkstock Infeksi saluran kencing ada gejalanya lho. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Infeksi saluran kencing merupakan infeksi akibat bakteri di saluran kencing. Bakteri tersebut menempel dan berkembang biak di saluran kemih. Jika tidak ditangani dengan segera, bukan tidak mungkin menjalar hingga ke ginjal.

Meskipun bisa saja infeksi ini muncul tanpa tanda apapun, namun umumnya masalah ini disertai oleh beberapa gejala, seperti yang dikutip dari Web MD, Kamis (24/8/2017). Apa saja itu? Ini dia di antaranya:

1. Ada sensasi terbakar saat buang air kecil
Perasaan terbakar ini adalah pertanda bahwa Anda sedang mengalami infeksi, baik karena bakteri chlamydia dan gonorrhea maupun karena infeksi menular seksual lain. Tapi utamanya, gejala tersebut dikarenakan adanya infeksi saluran kencing.

2. Sering pipis
Pernah merasa anyang-anyang? Walaupun sudah buang air kecil berkali-kali, Anda terus merasa ingin kencing meskipun yang keluar hanya sedikit. Waspada, sering buang air kecil sudah tak asing lagi menjadi salah satu gejala infeksi saluran kencing.

Baca juga: Ini Cara Mencegah Terjadi Infeksi Saluran Kencing pada Ibu Hamil

3. Sakit di bagian perut
Pertanda lain dari infeksi saluran kemih yakni adanya rasa sakit di bagian abdomen atau area sekitar perut. Ini bisa menjalar dari bagian bawah perut hingga ke bagian pinggang belakang.

4. Urine bau
Ketika urine menjadi bau menyengat, warnanya juga menjadi lebih gelap, itu berarti ada yang salah dari saluran kencing Anda. Terlebih jika sudah diikuti dengan kencing darah.

Baca juga: Infeksi Saluran Kencing

5. Merasa lelah
Jika sudah mengalami beberapa gejala di atas, ditambah Anda terus menerus merasa letih bisa jadi Anda terkena infeksi saluran kencing. Apalagi jika badan juga terus menerus gemetar.

6. Demam
Hati-hati, jika sudah masuk ke tahap ini, artinya infeksi sudah sistemik bahkab mungkin menyerang hingga ginjal. Sebaiknya, segera periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih serius. Jangan dianggap remeh ya.

Baca juga: Suka Tahan Kencing Saat Mudik, Waspada Infeksi Saluran Kemih (fds/fds)
News Feed