Senin, 28 Agu 2017 15:34 WIB

Tahi Lalat Banyak Ditumbuhi Rambut Normal atau Tidak?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Layaknya kulit normal, tahi lalat juga memiliki folikel rambut. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Beberapa pendapat mengatakan tahi lalat yang ditumbuhi rambut harus diwaspadai. Sebab itu merupakan tanda keganasan. Namun ini tidak sepenuhnya benar dan tidak serta merta menjadi pertanda penyakit ganas seperti kanker kulit.

Menanggapi hal ini, dr Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes, dokter spesialis kulit dari RS Mayapada mengatakan bahwa tahi lalat yang ditumbuhi rambut adalah suatu kondisi yang normal.

"Tahi lalat ditumbuh rambut itu normal karena tahi lalat itu bagian dari kulit, di mana di situ juga bisa ada folikel rambut yang tumbuh," kata dr Dara.

Namun, menurut dr Dara apabila tahi lalat tersebut terlihat semakin besar dan permukaannya kasar maka patut dicurigai, apakah berpotensi keganasan atau tidak.

Baca juga: Ingin Hilangkan Tahi Lalat? Simak Dulu Saran Dokter Berikut Ini

"Kalau misalnya tahi lalat semakin besar dan mudah berdarah dan bentuk permukaannya kasar atau kelihatannya memang dia makin membesar itu mungkin kita bisa mulai berpikir apakah memang ke arah malignansia, kanker kulit atau tidak.

Sementara, kata dr Dara, ada juga tahi lalat yang ditumbuhi rambut semakin besar karena seiring dengan bertambahnya usia. Selama berbentuk normal, itu tidak menjadi suatu kekhawatiran.

Baca juga: Asal-usul Nama Tahi Lalat dan Kaitannya dengan Kesehatan (hrn/fds)