Senin, 04 Sep 2017 20:05 WIB

Cara Aman Atasi Berbagai Kondisi Kuku Kaki, Lepas Maupun Berdarah

Erika Kurnia - detikHealth
Kuku kaki lepas atau berdarah? Tenang ikut saja langkah-langkah ini. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kuku kaki bisa lepas sewaktu-waktu karena terobek atau tanpa alasan yang jelas. Masalah ini sering kali disertai kulit memar, pembengkakan, atau pendarahan yang mengganggu aktivitas. Meski hanya kuku, jangan asal-asalan mengatasinya.

Dilansir dari Womenshealthmag, Senin (4/9/2017), berikut adalah cara aman mengatasi kuku kaki yang lepas di berbagai kondisi untuk menghindari komplikasi:

1. Kuku lepas begitu saja

Meredith Leigh Ward, spesialis podiatrik dari Moore Foot and Ankle Specialist di Amerika Serikat, mengatakan bahwa ketika kuku lepas begitu saja tanpa penyebab dan kondisi lainnya, kuku bisa dibiarkan begitu saja. Namun ketika sudah cukup mengganggu, jangan tarik kuku untuk mencegah trauma berikutnya. Memendekkan kuku atau membalutnya dengan plaster luka adalah pilihan terbaik untuk mencegah infeksi.

Baca juga: Kuku Jari Tangan atau Kaki Terlepas? Begini Penanganannya

2. Kuku sobek

Ide ini memang aneh, tapi beberapa orang melakukannya dengan harapan kuku yang robek bisa saling menyatu. Kuku yang sudah terpisah tidak akan bisa menyatu lagi dengan kuku yang masih hidup. Jika Anda terpaksa kehilangan satu kuku, kuku baru bisa kembali tumbuh dalam waktu enam minggu dan kembali utuh enam sampai sembilan bulan.

Bila kesehatannya dijaga, kuku kaki tentu bisa tampil cantik.Bila kesehatannya dijaga, kuku kaki tentu bisa tampil cantik. Foto: Thinkstock


3. Kuku berdarah

Ketika kuku yang robek mengalami pendarahan yang cukup mengkhawatirkan, Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan mengikat jari yang menjadi lokasi kuku berdarah. Lakukan ini sampai perdarahan berkurang. Jika luka berdarah disertai rasa sakit, merendam ujung jadi di dalam air hangat akan membantu.

4. Kuku sobek dan memar

Jika Anda menemukan kuku yang robek memicu memar kemerahan, rasa sakit yang tak kunjung sembuh, dengan pembengkakan kulit dan keluarnya cairan nanah berbau, itu tandanya infeksi sudah terjadi. Agar infeksi dapat tertangani dengan baik, menemui dokter adalah cara paling aman untuk mencegah infeksi semakin menyebar.

Baca juga: Mengatasi Kuku yang Sering Cantengan Hingga Bernanah (up/up)