ADVERTISEMENT

Rabu, 06 Sep 2017 18:34 WIB

Ini Dia Kesalahan Pria Saat Membersihkan Wajah yang Tidak Disadari

Suherni Sulaeman - detikHealth
Masih banyak pria yang salah dalam membersihkan wajah/Foto: Getty Images
Jakarta - Permasalah kulit wajah tentu saja tidak hanya dialami oleh kaum hawa, melainkan juga dialami oleh kaum adam. Maka itu pria juga perlu memperhatikan kebersihan kulit wajah. Namun masih banyak pria yang kurang tepat dalam membersihkan wajah.

dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV, dokter spesialis kulit sekaligus sekretaris umum PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) belum lama ini mengatakan bahwa meski kepedulian pria Indonesia untuk membersihkan wajah sudah membaik namun masih ada segmen tertentu yang tidak mau repot membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah.

"Kadang-kadang kalau cuci muka itu sama-sama saja dengan sabun mandi. Sabun mandi dipakai sekalian buat cuci muka," kata dr Anti, panggilan akrabnya.

Padahal, menurut dr Anti, jenis kulit wajah dengan kulit tubuh memiliki perbedaan. Misalnya saja kulit pada wajah berminyak sementara kulit di bagian tubuh kering. Maka itu harus menggunakan produk yang sesuai dengan tipe kulit wajah.

"Jadi kalau misal wajahnya berminyak jadi pakai facial wash-nya yang berminyak," imbuh dr Anti.

Baca juga: Jangan Cuek, Pria Juga Perlu Merawat Kulit Wajah

Kemudian kesalahan lain adalah masih banyak pria yang belum bisa memenuhi tahap-tahap perawatan dasar merawat kulit wajah. Karenanya rentan timbul jerawat dan terlihat kusam. Maka itu wajah harus dibersihkan secara berkala.

"Yang kedua adalah masih belum bisa memenuhi segala step-step basic skin care itu, padahal itu sangat penting," ujar dr Anti.

Baca juga: Tips Dasar Mencegah Permasalahan Kulit Wajah pada Pria

(hrn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT