Kamis, 07 Sep 2017 16:01 WIB

Tidak Harus di Atas Matras, Begini Inti Yoga yang Sebenarnya

Erika Kurnia - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Yoga yang tren dalam dekade ini identik dengan meditasi yang melibatkan gerakan-gerakan meliuk rumit di atas matras. Faktanya, yoga yang sebenarnya tidak hanya tentang gerakan, tapi banyak aspek penting di kehidupan yang diharmoniskan menjadi yoga.

"Intinya, yoga bukan hanya tentang latihan fisik seperti yang terlihat. Fisik hanya satu dari 8 tangga dalam yoga. Adapun gerakan fisik dilakukan untuk membantu mengharmoniskan diri kita, dari fisik, emosi, sampai spiritual," jelas Dira Dewi, guru yoga Indonesia, dalam dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Oleh karena itu, menurut Dira, yoga tidak hanya tentang latihan di atas matras dengan pose-pose tertentu. Tapi bagaimana mengembalikan fokus pada hal-hal terpenting baik di diri sendiri maupun di dunia sekitar.

Baca juga: Lebih Pilih Zumba Dibanding Yoga, Ini Alasan Dokter Muda Cantik Indah Kus

"Yoga 'is a way of life', ilmu dasar yoga sendiri memiliki pedoman yang mengajarkan bagaimana kita melatih napas untuk bisa konsentrasi memahami diri sendiri, sampai bagaimana bisa bersikap baik terhadap orang lain dan lingkungan," jelas Dira.

"Jadi yoga bukan hanya kegiatan yang hanya bisa dilakukan di atas matras atau di studio. Yoga bisa dilakukan di mana saja!" imbuhnya.

Guru yoga yang menjadi Program Director CIMB Namaste Festival 2017 pun meyakinkan bahwa yoga bisa dilakukan di mana saja dan siapa saja, bahkan di tengah kesibukan pekerjaan sehari-hari.

"Yoga bisa di mana aja dan dilakukan siapa saja. Misal ibu-ibu rumah tangga yang suka sibuk di dapur atau depan TV, bisa loh lakukan gerakan-gerakan peregangan yoga, termasuk pekerja yang menghabiskan banyak waktu di depan komputer bisa lakukan gerakan yoga sambil berdiri atau duduk. Selain pelajari gerakan peregangan, jangan lupa untuk selalu sadar melakukan gerakan dan pernapasan, juga meditasi semenit di akhir untuk menarik energi positif. Itulah inti dari yoga," paparnya.

Baca juga: Lakukan Pose Yoga Saat Hamil, Wanita Ini Alami Gangguan Penglihatan

(up/up)