Senin, 25 Sep 2017 11:15 WIB

Sempat Koma, Legenda WWE Ini Bangkit dari Kecanduan Alkohol

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Gara-gara kecanduan alkohol, Ric Flair sempat mengalami koma. Foto: Ric Flair/Twitter Gara-gara kecanduan alkohol, Ric Flair sempat mengalami koma. Foto: Ric Flair/Twitter
Jakarta - Penggemar gulat profesional pasti kenal dengan sosok Ric Flair. Legenda World Wrestling Entertainment (WWE) ini memiliki karir selama 40 tahun sebagai pegulat profesional, dengan lebih dari 30 kali memegang sabuk juara.

Namun bulan lalu, kondisi kesehatan Ric sempat mengkhawatirkan. Akibat kecanduan alkohol, Ric mengalami masalah jantung yang disebut sebagai alcoholic cardiomyopathy alias gagal jantung karena konsumsi alkohol yang berlebihan.

"Saat memulai karir pada tahun 1972, kami selalu minum bir di jalanan, dan lambat laun itu menjadi kebiasaan kami. Dalam satu hari, aku bisa mengonsumsi 20 botol bir, setara dengan 3.700 hingga 4.000 kalori," tutur Ric dalam sebuah wawancara baru-baru ini, dikutip dari NY Post.

Baca juga: Kecanduan Alkohol dan Risiko Bunuh Diri Seperti Chester Bennington

Untuk menyelamatkan nyawanya, ia pun sempat mengalami medically induced coma, kondisi di mana pasien berada dalam risiko tinggi untuk meninggal sehingga otak sengaja dibuat koma dan bisa beristirahat. Kondisi ini juga dialami oleh Nicky Hayden, pebalap Moto GP yang meninggal bulan Mei lalu.

Tim dokter melakukan operasi pada Ric yang mengalami koma untuk memotong dan mengangkat bagian saluran cernanya yang sudah rusak karena kecanduan alkohol. Ric juga dipasang alat pacu jantung karena penyakit yang dialaminya membuat fungsi jantung melemah, yang bisa berujung pada gagal jantung.

Sempat koma, akhirnya Ric Flair memutuskan untuk berhenti mengonsumsi alkohol. Sempat koma, akhirnya Ric Flair memutuskan untuk berhenti mengonsumsi alkohol. Foto: Ric Flair/Twitter


"Anakku, Charlotte, mengatakan kemungkinan aku kembali sehat sangat rendah. Dokter menyebut aku tidak akan sanggup kembali dari koma jika operasi yang dilakukan tidak sukses," tambahnya.

Namun doa dan dukungan dari teman, sahabat, dan keluarga membuat Ric bisa bertahan. Ia pun dinyatakan pulih awal minggu lalu dan sudah bisa beraktivitas normal.

Belajar dari pengalaman hidupnya ini, Ric mengaku akan berhenti minum alkohol. Keputusan ini dibuatnya bukan hanya karena ia hampir meninggal, namun demi bisa melihat kesuksesan anak dan keluarganya di masa depan.

"Aku sangat takut sekali, aku pikir aku akan mati. Aku tidak ingin mengalami hal seperti ini lagi, karena itu aku memutuskan untuk berhenti minum alkohol," tutupnya.

Baca juga: Kisah Brian, Berhasil 'Bebas' dari Kecanduan Alkohol Berkat Melukis

(mrs/up)
News Feed