Kamis, 28 Sep 2017 11:50 WIB

Ini Artinya 'Meninggal Karena Tua' Seperti Dialami Bos Playboy Hugh Hefner

Firdaus Anwar - detikHealth
Bos Playboy Hugh Hefner disebut meninggal alami karena usia tua. (Foto: Getty Images) Bos Playboy Hugh Hefner disebut meninggal alami karena usia tua. (Foto: Getty Images)
Jakarta - Pendiri Majalah Playboy Hugh Hefner dikabarkan telah meninggal dunia pada Rabu (27) malam waktu setempat. Pihak majalah mengeluarkan pernyataan yang menyebuf Hugh meninggal karena sebab alami di kediamannya dikelilingi oleh keluarga.

"Dia akan sangat dirindukan oleh banyak orang," ungkap sang putra Cooper Hefner seperti dikutip dari Page Six, Kamis (28/9).

Baca juga: Bos Playboy Meninggal, Sang Putra: Ia akan Dirindukan Banyak Orang

Hugh disebut meninggal karena usia tua, tapi sebenarnya apa itu? Apa berarti semua orang yang seusia Hugh normal baginya untuk meninggal?

Dalam dunia medis sebetulnya tidak ada istilah orang meninggal karena usia atau sudah waktunya. Ini hanya istilah yang diberikan orang awam kepada lansia yang meninggal tanpa penyebab yang pasti.

Ahli geriatri dari University of New South Wales dr Tuly Rosenfeld menjelaskan bahwa ketika seseorang bertambah tua maka kecenderungannya untuk terserang penyakit menjadi besar karena sel dan imunitas tubuh tak lagi bisa menjaga kesehatan. Dengan kata lain seseorang bukan meninggal karena usia tua, melainkan makin buruknya komplikasi akibat penumpukan masalah yang berlangsung dari waktu ke waktu.

"Dokter juga tidak selalu tahu apa penyebab pasti dari kematian lansia karena ada kondisi yang tumpang tindih dalam tubuh si pasien dan menyebabkan kematian. Sulit untuk menentukan yang mana yang paling berperan," kata dr Tuly.

Baca juga: Meninggal karena Termakan Usia, Seperti Ini Penjelasan Ilmiahnya
(fds/up)