Jumat, 29 Sep 2017 16:36 WIB

Dikira Darah Beku, Garis Hitam pada Kuku Ini Ternyata Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Garis hitam pada kuku ini ternyata adalah tanda dari kanker kulit. (Foto: Facebook/Jean Skinn)
Jakarta - Seorang manikur membagikan foto salah satu kuku kliennya dengan garis hitam yang tampak jelas di bagian tengah. Ia pun menyuarakan agar orang-orang tidak meremehkan hal seperti ini karena bisa jadi merupakan tanda dari penyakit berbahaya.

Jean Skinn dari Essex, Inggris, mengunggah foto tersebut di Facebook dan bercerita bahwa perempuan yang menjadi kliennya mengira garis hitam itu adalah darah beku biasa. Akan tetapi Jean punya kecurigaan lain dan menyarankan agar sang klien segera menemui dokter.

"Ini melanoma!!! Tapi saya tidak ingin menakutinya jadi saya hanya bilang ke dia untuk menemui dokter secepatnya," tulis Jean di Facebook dan dikutip pada Selasa (26/9/2017).

Baca juga: Adakah Garis Hitam di Kuku? Jangan-jangan Itu Tumor

Selang beberapa waktu setelah menemui dokter, sang perempuan pun kembali menghubungi Jean. Hasilnya ia positif memiliki kanker melanoma yang telah menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Melanoma sendiri adalah salah satu bentuk kanker kulit ganas. Garis hitam di kuku bisa jadi tanda dari apa yang disebut subungual melanoma dan memang rentan keliru dengan luka beku akibat lebam.

"Tolong perhatikan terhadap ketidaknormalan yang terjadi pada kuku anda!! Ada kemungkinan perubahan pada kuku itu bukan hal yang harus dikhawatirkan! Tapi kadang itu juga bisa jadi indikasi suatu penyakit serius," ungkap Jean.

"Diagnosa awal dapat menjadi hal yang sangat menentukan," pungkasnya.

Baca juga: 8 Masalah Kesehatan yang Bisa Dilihat Dari Kuku (fds/up)