Sabtu, 30 Sep 2017 20:06 WIB

Butuh Cara Asyik Bakar Kalori di Akhir Pekan? Nonton Saja Film Horor

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Nonton film horor ternyata bisa bantu bakar kalori. Foto: Dok. Getty Images Nonton film horor ternyata bisa bantu bakar kalori. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Berencana nonton film IT atau Pengabdi Setan pada akhir pekan ini? Ada baiknya mengisi perut terlebih dahulu, sebab sebuah penelitian menyebut film-film dengan genre semacam ini bisa memicu pembakaran kalori dalam jumlah yang lumayan.

Penelitian yang dilakukan di Universitas Westminster tersebut menyebut, film-film yang bisa memicu adrenalin bisa membakar 113 kalori dalam waktu sekitar 90 menit. Konon, ini setara dengan pembakaran kalori yang terjadi saat jalan kaki selama satu jam.

Dalam penelitian tersebut, terungkap film horor yang paling banyak membakar kalori adalah The Shining, sebuah film thriller psikologis buatan tahun 1980. Dikutip dari The Telegraph, film ini mampu membakar hingga 184 kalori. Jaws menempati urutan kedua dengan 161 kalori, dan The Exorcist menempati urutan ketiga dengan 158 kalori.

Baca juga: Nonton Film Horor, Kalori yang Terbakar Setara 1 Jam Jalan Kaki


Para ilmuwan mengukur pembakaran kalori yang terjadi saat menonton film-film tersebut dengan mengamati 10 orang relawan. Sembari menonton, para relawan menjalani pemeriksaan denyut jantung dan laju pertukaran udara saat bernapas. Data-data tersebut lalu dianalisis.


Pakar metabolisme sel dari Universitas West Minster, Dr Richard Mackenzie menyebut film-film tersebut memicu peningkatan denyut jantung. Itu menandakan bahwa metabolisme atau pembakaran kalori juga mengalami peningkatan.

Menurut Dr Richard, stres yang intens dalam waktu singkat ketika menonton film horor, akan memicu pelepasan adrenalin. Hormon yang dikenal juga dengan efeknya yang menekan nafsu makan ini pada akhirnya memicu pembakaran lebih banyak kalori.

Baca juga: Film Horor Tingkatkan Risiko Pengentalan Darah

Masih menurut penelitian tersebut, berikut ini 10 film horor yang paling banyak membakar kalori.

1. The Shining: 184 Kalori
2. Jaws: 161 Kalori
3. The Exorcist: 158 Kalori
4. Alien: 152 Kalori
5. Saw: 133 Kalori
6. A Nightmare on Elm Street: 118 Kalori
7. Paranormal Activity: 111 Kalori
8. The Blair Witch Project: 105 Kalori
9. The Texas Chain Saw Massacre: 107 Kalori
10. [Rec]: 101 Kalori (up/up)