Senin, 02 Okt 2017 09:03 WIB

Rajin Sauna Bisa Kurangi Risiko Darah Tinggi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rutin sauna bisa mengurangi risiko darah tinggi/Foto: Thinkstock Rutin sauna bisa mengurangi risiko darah tinggi/Foto: Thinkstock
Jakarta - Risiko darah tinggi bisa dikurangi dengan banyak cara, salah satunya mengurangi asupan garam. Sebuah penelitian menyebut, sauna secara rutin juga bisa memberikan manfaat yang sama.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Hypertension tersebut, para pria yang rajin sauna 4 kali dalam sepekan punya risiko 50 persen lebih rendah untuk mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menurunkan risiko hipertensi, berarti juga menurunkan risiko stroke dan serangan jantung. Manfaat yang sama juga bisa didapatkan dengan memperbaiki pola makan, terutama menghindari asupan garam berlebihan. Olahraga teratur juga dianjurkan untuk menghindari hipertensi.

Baca juga: Hati-hati, Pemakaian Minyak Goreng Berulang-ulang Picu Penyakit Jantung

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menyebut ada beberapa mekanisme yang membuat sauna bisa bermanfaat bagi darah. Salah satunya, sauna akan meningkatkan suhu tubuh sebesar 2 derajat celcius sehingga terjadi dilatasi atau pelebaran pembuluh darah.

Mekanisme lain yang membuat sauna bermanfaat adalah terjadinya peningkatan fungsi endothelial. Artinya, sauna berpengaruh pada lapisan pembuluh darah yang pada akhirnya mengurangi tekanan darah. Demikian dikutip dari Dailymail.

Baca juga: Soal Monitor EKG Setya Novanto yang 'Flat', Ini Komentar Dokter Jantung (up/up)
News Feed