ADVERTISEMENT

Selasa, 03 Okt 2017 16:45 WIB

Wajibkah Kita Membersihkan Pori-pori Wajah Setiap Hari?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pori-pori sebetulnya bisa membersihkan diri sendiri. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Produk pembersih wajah di pasaran saat ini ada beragam jenisnya dan sebagian besar mengklaim dapat membersihkan hingga ke pori-pori. Orang-orang pun menggunakannya dengan harapan dapat menjaga kesehatan kulit wajah mereka, terutama terhindar dari jerawat.

Namun apakah kita perlu membersihkan pori-pori wajah dengan rajin? Menurut dermatolog Michael Freeman dari Bond University pori-pori sebetulnya sama seperti saluran telinga didesain untuk bisa membersihkan diri sendiri.

Baca juga: Agar Awet Muda, Harus Sering-sering Cuci Muka?

"Jadi untuk sebagian besar orang tidak masalah membiarkan pori-pori begitu saja, cukup bersihkan saja wajah," kata Michael seperti dikutip dari ABC Australia, Selasa (3/10/2017).

Mengapa kemudian orang ramai menggunakan produk pembersih wajah adalah karena merasa tidak percaya diri dengan pori-pori yang tampak besar. Michael tidak mempermasalahkan hal itu, namun yang harus diingat adalah jangan sampai niat membersihkan pori-pori malah berakhir jadi menyumbatnya.

Terlalu sering membersihkan wajah dapat memicu terjadinya iritasi yang kemudian berujung pada penyumbatan pori-pori membuat produksi minyak kulit menumpuk. Nah hal inilah yang justru sering menjadi penyebab jerawat muncul.

"Kalau kulit Anda normal (tidak ada jerawat dan pori-pori tidak terlalu terlihat menonjol) dan ingin membersihkan wajah, cukup cuci saja dengan halus agar kulit tidak teriritasi membuat pori-pori tampak lebih besar," kata Michael.

"Gunakan cairan pembersih yang lembut. Tapi kalau kulit Anda kering, maka tidak perlu pakai cairan pembersih," pungkasnya.

Baca juga: Mengobati Jerawat yang Tak Kunjung Sembuh (fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT