Rabu, 04 Okt 2017 05:13 WIB

Tentang Kerokan, Terapi yang Diyakini Merahkan Leher Ayu Ting Ting

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tanda merah di leher Ayu Ting Ting memang mirip seperti bekas kerokan. (Foto: detikHot)
Jakarta - Pedangdut Ayu Ting Ting kedapatan memiliki bekas merah di lehernya baru-baru ini. Sebuah laporan di detikHot menyebutnya 'seperti bekas kerokan'.

Tanda merah 'bekas kerokan' tersebut terlihat jelas di tengkuk sang pemilik nama asli Ayu Rosmalina. Pelantun lagu Alamat Palsu ini memang dikenal punya kesibukan yang sangat padat, yang merupakan salah satu faktor risiko masuk angin.

Kerokan, atau menggosok-gosokkan koin di permukaan kulit, merupakan salah satu terapi alternatif untuk masuk angin yang sangat populer di Indonesia. Biasanya menggunakan minyak angin untuk memperlicin dan memberikan efek hangat agar manfaatnya lebih optimal.

Baca juga: Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Bekas Kerokan?

Dunia medis memang tidak mengenal masuk angin. Istilah tersebut lebih banyak dipakai orang awam untuk menggambarkan kondisi tidak enak badan, antara lain ditandai dengan perut kembung dan badan pegal-pegal. Kelelahan adalah salah satu penyebabnya.

Soal kerokan, dr Prasna Pramita SpPD dari RS Mayapada Lebak Bulus dalam wawancara dengan detikHealth beberapa waktu lalu menyebut bahwa pada prinsipnya kerokan akan membuka pori-pori di permukaan kulit. Ini akan memberikan efek psikologis yang membuat seseorang merasa lebih nyaman.

Baca juga: Kata Dokter Soal Kerokan di Leher pada Pasien Hipertensi

Seorang praktisi kesehatan dari Universitas Negeri Sebelas Maret, Prof Dr dr Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes pernah meneliti efek kerokan. Menurutnya, kerokan memicu pelepasan endorfin yang memang memberikan efek rasa nyaman.

"Karena itu orang yang sehabis dikerok akan merasa nyaman, tenang, enak badannya. Tidurnya juga bisa nyenyak," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Siapa Saja yang Boleh Kerokan? Ini Kata sang Peneliti


Tanda merah seperti bekas kerokan terlihat di tengkuk Ayu Ting Ting usai tampil di 'Brownies' baru-baru ini.Tanda merah seperti bekas kerokan terlihat di tengkuk Ayu Ting Ting saat ditemui usai tampil di 'Brownies' baru-baru ini. Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Baca juga: Badan Terasa Nyaman Usai Kerokan? Ini Sebabnya

(up/up)