Rabu, 04 Okt 2017 13:34 WIB

Unik! Di Inggris, Pasien Depresi Diajarkan Trik Sulap

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sebuah terapi unik dilakukan pada pasien depresi di Inggris yakni dengan diajarkan bermain sulap. Apa manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sebuah terapi unik dilakukan pada pasien depresi di Inggris. Program bernama Magic Therapy Project ini mengajarkan rahasia dan trik untuk menjadi pesulap kepada para pengidap depresi.

Eamonn McClurey adalah salah satu perawat yang bertugas di bangsal gangguan jiwa. Pada suatu ketika, ia memperagakan trik sulap kepada para pasiennya, dan mendapat sambutan yang positif.

"Aku penggemar sulap sejak kecil. Dan melakukan sulap kepada orang lain membuatku lebih percaya diri karena ini adalah bakat yang unik," ungkap McClurey, dikutip dari Telegraph.

Baca juga: Atraksi Menyemburkan Api, Risiko Sebenarnya Lebih Fatal dari Luka Bakar

Ia pun mulai mengajak para pasien depresi untuk ikut berlatih memainkan sulap. Harapannya, mengetahui trik bermain sulap dapat membuat para pasien memiliki rasa percaya diri dan harga diri yang lebih baik.

Apa yang diharapkan McClurey mencapai kenyataan. Salah satunya adalah seorang pasien depresi yang selama ini tidak mau berinteraksi dengan keluarga, namun mau mempertontonkan sulap yang ia pelajari kepada orang lain.

"Pasien ini tidak pernah bicara dengan siapapun selama 4 tahun. Namun setelah berhasil menguasai trik sulap, ia kini melakukan pertunjukkan kecil-kecilan di hadapan keluarga dan pasien lainnya," ungkap McClurey.

Bekerjasama dengan klub sulap lokal, McClurey mengajarkan trik sederhana menggunakan koin, kain dan juga kartu. Menurutnya manfaat trik sulap tidak sebatas menambah percaya diri, namun juga membuat pasien memiliki aktivitas positif.

"Bermain sulap juga bisa membantu menjaga kemampuan motorik dan konsentrasi. Terlebih, sulap adalah kegiatan berkelompok yang membuat seluruh pesertanya terlibat aktif," tuturnya.

Baca juga: 'Magic Camp', Terapi Unik untuk Anak-anak dengan Kelainan Otot

(mrs/up)