Kamis, 05 Okt 2017 07:35 WIB

Terpopuler detikHealth

Bekas 'Kerokan' Ayu Ting Ting, Celana Skinny Jeans dan Bahayanya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tanda merah bekas kerokan di leher Ayu Ting Ting/Foto: Hanif Hawari/detikHOT Tanda merah bekas kerokan di leher Ayu Ting Ting/Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Jakarta - Tanda merah di leher pedangdut Ayu Ting Ting bikin penasaran banyak orang. Sepintas, memang mirip seperti bekas kerokan.

Seandainya benar tanda merah tersebut adalah bekas kerokan, maka ada satu hal yang perlu jadi catatan. Kerokan di area leher, oleh beberapa pakar disebut punya risiko berbahaya karena area tersebut memiliki banyak saraf.

Risiko lain yang bisa terjadi ketika leher dikerok adalah pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini tidak kalah berisiko, karena pembuluh-pembuluh darah di tempat tersebut dekat sekali lokasinya dari otak.

Sedangkan untuk bagian tubuh lainnya, kerokan dinilai aman selama tidak berebihan. Melebarnya pembuluh darah yang terjadi ketika kerokan, akan memicu pelepasan endorphin yang memicu rasa senang. Itu sebabnya setelah dikerok akan terasa lebih nyaman.

Baca juga: Tentang Kerokan, Terapi yang Diyakini Merahkan Leher Ayu Ting Ting

Sementara itu, celana ketat yang populer dengan istilah Skinny Jeans juga memiliki dampak negatif bagi sistem saraf. Seorang ahli bedah, dr Suzanne Fuchs, menyebut celana model ini memicu gangguan sirkulasi darah sehingga merusak saraf dan otot.

Bahkan, pengaruh celana ketat juga bisa dirasakan oleh sistem pencernaan. Heartburn atau nyeri dada akibat naiknya asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) juga bisa disebabkan oleh celana ketat.

Tentang bahaya celana skinny jeans, bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Pakai Skinny Jeans, Ini 6 Bahayanya (up/up)
News Feed