Kamis, 05 Okt 2017 19:12 WIB

Ini Dia Tiga Penyebab Utama Masalah Mental di Tempat Kerja

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Masalah mental, baik itu gangguan mental emosional ataupun masalah kejiwaan, di tempat kerja menjadi tema utama Hari Kesehatan Sedunia tahun ini. Pakar mengatakan ada tiga penyebab utama munculnya masalah mental di tempat kerja.

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia ( PP-PDSKJI), dr Eka Viora, SpKJ, mengatakan beban kerja yang terlalu berat, jam kerja yang panjang, serta suasana lingkungan kerja yang buruk merupakan tiga penyebab utama munculnya masalah kesehatan mental di tempat kerja.

"Beban kerja yang berat itu misalnya berlebihan dibandingkan rekan kerja yang lain dan tidak sesuai job deskripsinya. Sementara jam kerja yang terlalu panjang ya akibat dari beban kerja yang tidak terselesaikan di jam kerja normal," tutur dr Eka, dalam temu media Hari Kesehatan Sedunia di Kementerian Kesehatan, Jl HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam dunia kerja, dr Eka mengatakan kompetensi seseorang akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan kinerjanya. Namun faktor dukungan dari perusahaan, sarana dan prasarana, serta kebijakan kantor lainnya tak boleh dikesampingkan.

Baca juga: Kemenkes: Pekerja Sehat Modal Keluarga Bahagia

Nah, menurut dr Eka, seseorang dengan kompetensi dan kemampuan kerja yang baik bisa saja memiliki masalah mental di tempat kerja. Salah satu sebabnya adalah kurangnya dukungan dari perusahaan atau hubungan yang tidak baik dengan atasan.

"Kan di kita itu ya, ada yang kerjanya bagus, ya yang disuruh dia lagi dia lagi. Tapi nanti ketika ada bonus, pegawai lainnya yang kompetensinya lebih rendah minta juga karena merasa haknya. Nah, ini juga bisa jadi faktor masalah mental karena suasana lingkungan kerja yang buruk," terang dr Eka lagi.

Bahaya masalah mental di tempat kerja pun menurut dr Eka tidak sekadar membuat produktivitas menurun. Dalam jangka pendek, masalah mental dapat membuat munculnya keluhan fisik seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan.

"Dalam jangka penjang bisa menyebabkan kelelahan mental dan depresi. Nah jika sudah begini maka kemauan melakukan perilaku berisiko seperti penggunaan narkoba, merokok dan mabuk alkohol juga akan lebih besar," paparnya.

Baca juga: Wajib Tahu! 3 Prinsip untuk Menghindari Stres di Tempat Kerja

(mrs/up)