Jumat, 06 Okt 2017 08:08 WIB

Bagaimana Caranya Supaya Bekas Merah Kerokan Cepat Hilang?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Beberapa cara bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas kerokan. (Foto: ehow) Beberapa cara bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas kerokan. (Foto: ehow)
Jakarta - Kerokan adalah terapi medis alternatif yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita ketika sedang merasa tidak enak badan. Hampir semua orang bisa melakukannya karena memang sederhana hanya dengan sebuah koin yang digosok-gosokan ke punggung berlumur minyak terapi.

Ciri khas dari orang yang habis dikerok adalah memiliki garis-garis merah di punggungnya. Orang awam percaya merahnya punggung itu berarti penyakit berhasil 'dikeluarkan' namun menurut dokter itu adalah bentuk cedera pecahnya pembuluh darah di kulit.

Baca juga: Semakin Merah Hasil Kerokan Bukan Berarti Makin Bagus, Ini Alasannya

Nah bagi mereka yang pemalu, tanda merah bekas kerokan mungkin bisa terasa mengganggu apabila dilihat orang lain. Apa sih kira-kira cara yang bisa dilakukan untuk cepat menghilangkannya?

dr Yetti N. Affandi, SpKK(K), dari Klinik Estetika mengatakan untuk proses penyembuhan pembuluh darah di kulitnya sendiri tidak ada jalan pintas.

"Itu kan proses dari dalam, ada tahapan-tahapannya. Mau dikompres atau apa ya engga bisa," kata dr Yetti ketika dihubungi detikHealth, Kamis (5/10/2017).

"Kalau enggak terlalu dalam bisa hilang cepat 3-4 hari, apalagi kalau cuma merah-merah biasa bisa sehari hilang. Tapi kalau yang sampai merah banget sampai hitam-hitam itu ya lama," lanjutnya.

Namun ada cara yang bisa dilakukan agar darah yang ada di bawah kulit itu terlihat lebih tertutup. dr Eddy Karta, SpKK, dari Edmo Clinic Jakarta Selatan menjelaskan pada kasus bekas cupang misalnya darah di kulit yang membuat leher memerah dapat dibuat lebih pudar dengan memijat area yang terpengaruh.

Pijat secara halus dengan obat oles agar darah menyebar lebih luas di bawah kulit sehingga membuat warnanya lebih pudar.

Selain itu gunakan pakaian yang lebih tertutup sambil menunggu darah terserap kembali dan warna kulit normal lagi. Bila masih ada beberapa area kulit merah yang tak bisa tertutup pakaian dr Eddy menyarankan agar seseorang memakai plester hangat yang banyak dijual di warung atau apotek.

Baca juga: Tanda Merah di Leher Ayu Ting Ting, Ini Artinya Jika Benar Bekas Kerokan (wdw/up)
News Feed