Sabtu, 07 Okt 2017 10:25 WIB

Pada Perempuan, 'Kesuburan' Bisa Menular Lho

Erika Kurnia - detikHealth
Pada perempuan, punya teman dekat bisa memberikan manfaat positif. Ketika siklus menstruasi mengalami syncronize, terjadi 'penularan' tingkat kesuburan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pada perempuan, punya teman dekat bisa memberikan manfaat positif. Ketika siklus menstruasi mengalami syncronize, terjadi 'penularan' tingkat kesuburan.

Anggapan ini muncul dari pengakuan sebagian perempuan, yang mengalami sinkronisasi siklus menstruasi ketika tinggal bersama sahabat dekatnya. Banyak yang meyakini, ini terjadi karena feromon yang terlalu kuat. Feromon adalah senyawa yang berfungsi sebagai pemikat lawan jenis.

Sayangnya, sebuah penelitian di University of Oxford membuktikan bahwa fenomena seperti ini tidak benar-benar terjadi. Penelitian pada 1.500 pasang sahabat menemukan bahwa hanya sebagian kecil yang mengalami sinkronisasi.

Walau demikian, penelitian lain di kampus yang sama mengungkap bahwa pertemanan memang berhubungan dengan tingkat kesuburan. Seorang perempuan cenderung punya tingkat kesuburan yang lebih tinggi jika memiliki 5 teman dekat di lingkungan pergaulannya.

Baca juga: Jumlah Pertemanan Pengaruhi Peluang Kehamilan pada Wanita

Bagaimana memperkirakan tingkat kesuburan dengan cara yang sederhana? Salah satunya adalah dengan melihat siklus menstruasi. Makin teratur siklusnya, biasanya makin subur. Gejala Pre Menstruasi Syndrome (PMS) juga merupakan pertanda tingkat kesuburan yang baik.

Selengkapnya tentang tanda-tanda kesuburan, nantikan artikel selanjutnya di detikHealth.

Baca juga: Gangguan yang Bikin Pasangan Susah Punya Anak

(up/up)
eLife
×
Mata Merana karena WFH
Mata Merana karena WFH Selengkapnya